BERITA UTAMAPAPUA

Kebakaran Landa Pusat Bisnis Entrop Jayapura, Kerugian Capai Puluhan Miliar Rupiah

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Kebakaran Landa Pusat Bisnis Entrop Jayapura, Kerugian Capai Puluhan Miliar Rupiah

Share this article
IMG 20221120 WA0001
Petugas Damkar Kota Jayapura terlihat berupaya keras memadamkan api yang membakar Ruko di Pusat Bisnis Entrop Jayapura.Foto: Dok.Damkar

Jayapura, fajarpapua.com- Kebakaran besar kembali terjadi di Kota Jayapura pada Sabtu (19/11) malam sekira pukul 22.00 WIT.

Setelah pekan lalu, si jago merah meluluhlantakkan Rusunawa Pasar Inpres Dok 9 Jayapura Utara, malam tadi api membakar sejumlah rumah toko (Ruko) di kawasan pusat bisnis Entrop, Jayapura Selatan.

ads

Dari data yang didapat fajarpapua.com dari Pemadam Kebakaran Kota Jayapura menyebutkan berdasar laporan warga, kebakaran terjadi pada Sabtu, 19 November 2022 pukul 22.25 WIT.

Mendapat laporan tersebut pada pukul 22.29 WIT, Pemadam Kebakaran Kota Jayapura menurunkan armada dari Pos Jayapura Selatan dan Mako Damkar Kota Jayapura.

Selanjutnya pada pukul 22.38 WIT, satu unit armada Damkar dari Pos Abe dan Pos Heran tiba di lokasi serta Damkar milik Lantamal tiba dilokasi kebakaran.

Selain itu upaya pemadaman juga dibantu oleh dua unit mobil tangki air milik PDAM Jayapura serta tiga mobil tangki air milik Kementrian PUPR.

Api akhirnya berhasil dikendalikan oleh petugas pemadam kebakaran pada pukul 01.45 WIT atau setelah hampir 4 jam membakar kelima Ruko.

Hingga berita ini diturunkan, tidak ada laporan terkait korban jiwa atau luka-luka, namun kerugian material diperkirakan mencapai puluhan miliaran Rupiah.

Sementara obyek bangunan yang terbakar terdiri dari 5 unit Ruko yang digunakan sebagai tempat usaha masing-masing Yang Kuzhon Cafe, Vitta Seluler, Friendly Motor, Toko Sepatu Star dan Warung Coto Makassar Salewangan.

Sedangkan kronologi kebakaran menurut sakahsatu saksi mata bernama Anto yang menjual nasi kuning di lokasi kebakaran, api diduga berasal dari salah satu bangunan yang dijadikan sebagai toko ataubcounter handphone.

Api pertama kali menurut saksi terlihat dari lantai 2 counter handphone yang kemudian merambat kesisi kiri dan kanan bangunan yang ada disebelahnya.

Sementara sumber api, dugaan sementara akibat korsleting listrik di titik awal api yang merambat melalui kabel yang terhubung ke kabel lainnya yang ada di bangunan dan dengan cepat merambatkan api pada bangunan Ruko yang saling menempel. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *