BERITA UTAMAPAPUA

Anggota DPR: Pj Gubernur DOB Papua Harus Tunjukkan Kinerja Terbaik

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Anggota DPR: Pj Gubernur DOB Papua Harus Tunjukkan Kinerja Terbaik

Share this article
IMG 20220512 WA0163 copy 800x600 1
Manager Persipura yang juga anggota DPR RI asal Papua Yan Permenas Mandenas.

Jakarta, fajarpapua.com – Anggota Komisi I DPR RI Yan Permenas Mandenas berharap Penjabat (Pj) Gubernur Tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua harus menunjukkan kinerja terbaiknya.

Menurut dia, hal itu perlu dilakukan karena pembentukan tiga DOB, yaitu Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Tengah sudah diperjuangkan DPR RI dan pemerintah secara maksimal.

Ads

“Pembentukan tiga DOB Papua harus melalui banyak tantangan, terdapat pro dan kontra yang luar biasa dari masyarakat di Papua. Para penjabat gubernur yang terpilih harus mampu menunjukkan kinerja terbaik,” kata Yan Mandenas di Jakarta, Senin.

Dia menekankan bahwa tiga penjabat gubernur tersebut harus bisa melakukan konsolidasi kepada masyarakat dan elite politik di daerah.

Menurut dia, apabila langkah tersebut bisa dilakukan maka masyarakat bisa membantu dan mendukung pelaksanaan pembentukan pemerintah definitif di Provinsi Papua Selatan, Papua Pegunungan, dan Papua Tengah.

“Prioritasnya harus bisa menunjukkan kinerja mereka dalam 100 hari ke depan. Minimal 100 hari kerja itu sudah ada progres yang baik,” ujarnya.

Yan Mandenas menilai masyarakat perlu diyakinkan bahwa kebijakan pemerintah melalui pembentukan DOB Papua dilaksanakan secara benar dan sesuai target.

Dia menjelaskan keinginan pemerintah bertujuan menyejahterakan masyarakat sehingga Pasal 76 huruf b Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Otonomi Khusus Papua menjadi rujukan pembentukan DOB di Papua.

“Pemerintah pusat memiliki kewajiban untuk mengawal dengan maksimal, mulai dari proses awal pembentukan provinsi baru di Papua hingga menuju pemerintahan definitif,” ujarnya.

Dia mencontohkan dalam alokasi anggaran Tahun 2023 akan dievaluasi secara bertahap terkait dengan kemampuan anggaran, seperti penerimaan Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil, Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan lainnya.

Menurut dia, berbagai penerimaan tersebut nantinya diakumulasikan untuk membiayai pemerintahan definitif, termasuk program di tingkat provinsi maupun kabupaten di DOB Papua.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melantik Apolo Safanpo sebagai Pj Gubernur Papua Selatan, Ribka Haluk sebagai Pj Gubernur Pegunungan, dan Nikolaus Kondomo sebagai Pj Gubernur Papua Tengah.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *