BERITA UTAMAPAPUA

60 Persen Puskesmas Belum Miliki Tenaga Dokter

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

60 Persen Puskesmas Belum Miliki Tenaga Dokter

Share this article
0a54240f b6ca 453d 8fe3 2091898d61e3
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Robby Kayame

Jayapura, fajarpapua.com – Dinas Kesehatan Provinsi Papua menyebutkan 60 persen pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) belum memiliki tenaga dokter.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Robby Kayame mengatakan untuk memenuhi tenaga dokter di Puskesmas pihaknya berharap agar semua pihak dapat bekerjasama membangun Sumber Daya Manusia (SDM) terutama pada tiga Daerah Otonomi Baru atau DOB di Papua.

Ads

“Harapan kami agar SDM kesehatan di tiga DOB terus digenjot agar pelayanan kesehatan tidak terputus,” katanya di sela-sela rapat kerja kesehatan daerah (Rakerkesda) Provinsi Papua.

Menurut Kayame, penjabat gubernur di setiap wilayah pemekaran dapat menentukan dan menetapkan petugas kesehatan yang mengerti pola kerja di tingkat provinsi.

Dia menjelaskan dalam Rakerkesda pihaknya juga mengundang Direktorat Jenderal (Dirjen) Tenaga Kesehatan dari Kementerian Kesehatan RI.

“Supaya petugas kesehatan di masing-masing wilayah pemekaran dapat memberikan data terkait berapa tenaga kesehatan yang diperlukan,” ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya akan memformulasikan terkait bagaimana penyusunan program kerja provinsi induk dan kementerian kesehatan untuk pembangunan kesehatan di tiga DOB.

“Hal tersebut dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia di bidang kesehatan,” tutupnya. (an)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *