BERITA UTAMAPAPUA

Catat, Jumlah Penderita HIV/AIDS di Papua Sudah Tembus 50 Ribu Kasus, Banyak Warga Enggan Periksa

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Catat, Jumlah Penderita HIV/AIDS di Papua Sudah Tembus 50 Ribu Kasus, Banyak Warga Enggan Periksa

Share this article
IMG 20221202 WA0099
KPA Papua saat menyerahkan Bantuan pada Yayasan Peduli Aids di Jayapura

Ads

Jayapura, fajarpapua.com – Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua terus melakukan berbagai aktifitas dalam mendorong stakeholder bersama pemangku kepentingan lainnya terkait program pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Papua.

Dalam penanggulangan HIV/AIDS ini, KPA Papua juga melibatkan instansi pemerintah, swasta, LSM, kelompok peduli HIV AIDS serta jaringan populasi kunci.

Ketua Harian KPA Provinsi Papua, dr. Anton Tony Mote, mengatakan selama ini program dan kegiatan KPAP telah berjalan, namun harus diakui bahwa upaya yang dilakukan selama ini belum terkoordinasi dan termobilisasi secara optimal, sehingga kemampuan menanggulangi HIV/AIDS belum seimbang dengan tingginya kecepatan penularan HIV/AIDS.

“Di Provinsi Papua, sampai akhir September 2022 terdapat 50.011 kasus HIV/AIDS terdiri dari 20.0441 HIV positif dan 29.570 AIDS,” jelas dr Anton Mote, Jumat (2/12/2022).

Ia mengatakan, jumlah penderita HIV/AIDS di Provinsi Papua tersebut belum termasuk fakta yang ada di lapangan, hal ini dikarenakan masyarakat kurang memiliki kesadaran untuk memeriksakan diri karena lantaran takut dijauhi dan dikucilkan masyarakat.

Untuk itu, KPA Papua juga telah mengadakan pelatihan kepada remaja dalam memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar lebih memahami tentang HIV/AIDS dan program-program KPA yaitu melalui komunikasi atau dialog secara langsung, menjangkau atau melakukan pendekatan terhadap individu dan kelompok yang sulit diberikan penyuluhan.

“Dalam mempercepat upaya pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Kabupaten dan Kota salah satunya adalah meningkatkan koordinasi di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Selain itu, KPA Provinsi Papua telah melakuakan kunjungan Tilik Program pencegahan dan pengendalian HIV AIDS di 13 Kabupaten/Kota,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam rangka memperingati hari AIDS Sedunia, Kamis (1/12/2022), Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Papua bersama Jemaat GKI Eden Base G Tanjung Ria melaksanakan berbagai kegiatan di Jayapura yakni aksi bagi pita merah pada masyarakat di Terminal Mesran Jayapura. Selain itu, aksi pita juga dilakukan oleh KPA bersama Odha di Lampu Merah Dok Jayapura dan seputaran Taman Imbi Jayapura dan juga aksi bakar lilin bersama komunitas Odha.

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan temu karya dan pameran ekonomi kreatif anak muda Papua dengan melibatkan GAMKI di Taman Imbi Jayapura. Setelah itu, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sembako ke sejumlah Yayasan Peduli AIDS di Kota Jayapura dan rangkaian kegiatan lainnya di wilayah Abepura.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *