BERITA UTAMAPAPUA

Jelang Pergantian Tahun, KKB Papua Tembaki Polres Yahukimo dan Pos Brimob Dekai

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Jelang Pergantian Tahun, KKB Papua Tembaki Polres Yahukimo dan Pos Brimob Dekai

Share this article
IMG 20221231 WA0107
Personil Brimob saat melakukan penyisiran usai insiden penembakan Pos Brimob dan Polres Yahukimo.Foto: Dok.

Jayapura, fajarpapua.com– Jelang pergantian tahun Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua ternyata tidak berhenti melakukan teror.

Pada Jumat (30/12) malam dan Sabtu (31/12) pagi tadi, KKB Papua disinyalir kembali berulah dengan melepaskan tembakan ke arah Polres Yahukimo dan Pos Brimob di Yahukimo, Papua Pegunungan.

Ads

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam rilis yang didapat fajarpapua.com, menjelaskan sebelum kejadian, melintas pemotor yang membawa anak-anak.

Personil yang bertugas tidak menaruh curiga meski sepeda motor itu terlihat putar balik di persimpangan depan Polres Yahukimo.

“Saat melintas di depan Pos Penjagaan SPKT Polres Yahukimo, saksi melihat pengendara motor tersebut berhenti dan terdengar bunyi letusan senjata api sebanyak satu kali mengarah pada pagar gapura Mapolres Yahukimo,” jelas Kamal.

Peluru yang ditembakkan terduga anggota  KKB Papua tersebut lanjut Kamal, memantul dan kemudian dinding pos penjagaan.

“Dan juga adanya pantulan rikoset mengarah pada dinding sebelah kiri Pos Penjagaan SPKT Polres Yahukimo,” sambung dia.

Kamal menyampaikan usai penembakan, pemotor tersebut melarikan diri ke arah Bundaran Jam Kota Dekai.

Selang tujuh jam usai menembak Polres Yahukimo lanjutnya pada Sabtu (31/12) pagi tadi penembakan kembali terjadi.

“Kelompok ini kembali menembak Pos Brimob yang ada di Distrik Dekai. Penembakan dilakukan dari arah depan dan samping kiri secara bersamaan,” ucap Kamal.

Berdasarkan laporan personel di Pos Brimob, ada 6 kali tembakan dari arah depan, dan satu tembakan dari arah kiri.

“Dari arah depan sebanyak 6 kali tembakan, tembus atap seng dan dinding pos depan. Dan juga satu proyektil mengenai satu anggota bagian depan body face tetapi tidak tembus bagian dada depan. Kemudian satu tembakan dari arah kiri terkena dinding bagian kiri,” papar Kamal.

Merespons serangan tembakan oleh KKB tersebut, Kasat Sabhara Polres Yahukimo AKP Dolfinus Rumbrapuk bersama tim piket jaga mengerahkan kendaraan taktis Brimob dan melakukan penyisiran di lokasi.

Kamal memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam penembakan ini.

“Setibanya di TKP, personel dengan menggunakan Mobil Rantis milik Brimob Yon D Polda Papua melakukan penyisiran serta mengamankan di sekitar area TKP. Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka, anggota di Kabupaten Yahukimo terus meningkatkan patroli di seputaran kota untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” tutupnya. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *