BERITA UTAMAMIMIKAPAPUA

Gempa 7,5 Magnitudo Guncang Maluku Tenggara Barat, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

cropped cnthijau.png
5
×

Gempa 7,5 Magnitudo Guncang Maluku Tenggara Barat, BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami

Share this article
BMKG
BMKG

Timika, fajarpapua.com – Gempa besar berkekuatan 7,5 magnitudo pada Selasa (10/1) sekira pukul 02.47.34 WIT mengguncang wilayah Pantai Utara Maluku Barat Daya, Maluku.

Data yang berhasil diperoleh fajarpapua.com dari @infobmkg Berdasar hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 7,5 magnitudo.

Ads

Adapun episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,37° LS ; 130,23° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 136 Km arah Barat Laut Maluku Tenggara Barat, Maluku pada kedalaman 130 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi Laut Banda.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault ).

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Saumlaki dengan skala intensitas V MMI dan dirasakan hampir semua penduduk.

Getaran juga dirasakan daerah Dobo, Tiakur IV MMI, daerah Sorong, Kaimana, Alor, Waingapu, Waijelu, Lembata dengan skala intensitas III-IV MMI.

Sementara di daerah Kairatu, Merauke, Nabire, Tanah Merah, Wamena, Bakunase, Kolhua, Sabu, Rote, Ende, Amarasi Selatan, Kota Kupang dengan skala intensitas II-III MMI.

Sedangkan di daerah Ambon dan Piru II MMI atau getaran hanya dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

BMKG juga menyatakan, berdasar analisa dan hasil pemodelan, gempa bumi ini berpotensi tsunami sehingga menetapkan sejumlah wilayah berstatus siaga diantaranya Maluku-Tengah, Kepulauan Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat (P.Yamdena) dan Kota Ambon.

Sementara sejumlah wilayah berstatus waspada yaitu Maluku Tenggara, Seram Bagian Timur, Seram Bagian Barat, Buru, Wakatobi, Kendari, Pulau Watulumango, Kepulauan Kendari, Konawe Bagian Selatan, Kota Kendari dan Kendari.

Namun berdasarkan hasil pengamatan tide gauge disekitar sumber gempa, hingga pukul 05.00 WIT tidak tercatat adanya perubahan muka laut yang signifikan. (mas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *