BERITA UTAMAPAPUA

BMKG: Gempa Magnitudo 5 di Mamberamo Raya Tidak Berpotensi Tsunami

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

BMKG: Gempa Magnitudo 5 di Mamberamo Raya Tidak Berpotensi Tsunami

Share this article
Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa

Jakarta, fajarpapua com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan gempa bumi tektonik dengan magnitudo 5 di Mamberamo Raya, Papua Pegunungan tidak berpotensi tsunami.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo 5,0,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Sabtu.

Ads

Episentrum gempa terletak pada koordinat 2,49 derajat Lintang Selatan, 138,58 derajat Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat 11 kilometer arah timur laut Mamberamo Tengah, Mamberamo Raya, Papua di kedalaman 50 kilometer.

Setelah memerhatikan lokasi episentrum dan kedalaman hiposentrum, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal. Hal itu terjadi karena adanya aktivitas sesar lokal di Zona Sesar Memberamo.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

Gempa yang terjadi pada pukul 22.41 WIB tersebut berdampak dan dirasakan di daerah Sarmi dengan skala intensitas III Modified Mercally Intensity (MMI).

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 23.10 WIB, hasil monitor BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *