BERITA UTAMAPAPUA

Kapolda Jelaskan Situasi Terkini Kota Wamena Pasca Kerusuhan yang Menewaskan 10 Warga

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Kapolda Jelaskan Situasi Terkini Kota Wamena Pasca Kerusuhan yang Menewaskan 10 Warga

Share this article
IMG 20230224 WA0071
Kerusuhan Wamena

Jayapura, fajarpapua.com– Situasi Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya pasca pembakaran dan pengerusakan beberapa fasilitas umum hingga menewaskan 10 warga berangsur kondusif.

“Saat ini situasi di Kabupaten Jayawijaya berangsur pulih dan dapat dikendalikan,” ucap Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, Jumat (24/2/2023).

Ads

Kabid Humas mengatakan
saat kejadian aparat gabungan TNI/Polri melakukan negoisasi agar isu penculikan dapat diselesaikan dengan baik. Tapi Kapolres bersama anggota yang berada di lokasi diserang menggunakan batu dan panah. Buntutnya, anggota mengeluarkan tembakan peringatan dengan harapan massa tidak melakukan aksi penyerangan terhadap anggota.

“Massa yang semakin anarkis tidak mau mendengar himbauan aparat dan tidak mau membubarkan diri saat diberi tembakan peringatan bahkan menyerang aparat menggunakan panah,” ungkap Kabid Humas.

Dikatakan, akibat kerusuhan tersebut 10 orang meninggal dunia dimana 2 orang diduga mengalami penganiayaan berat tertancap anak panah dan senjata tajam.

Sementara untuk korban luka-luka sebanyak 23 orang dimana 9 diantaranya sudah kembali ke rumah masing-masing. Untuk korban luka-luka dari aparat sebanyak 18 orang antara lain 16 orang terkena lemparan batu dan dua orang terkena panah, satu perwira polisi dan satu dari TNI.

“Hingga saat ini aparat keamanan masih siaga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dan membahayakan masyarakat di Wamena. Forkompimda sedang melakukan pertemuan untuk membahas penanganan akibat kejadian tersebut,” tutur Kombes Benny.

Ia menghimbau agar semua pihak menahan diri dan mematuhi aturan hukum yang berlaku.

“Polres Jayawijaya akan menindak tegas siapa saja yang bertanggung jawab terjadinya kerusuhan yang mengakibatkan jatuhnya korban,” pungkas Kombes Benny.

Selain itu, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri di Timika menjelaskan kedepannya akan mengambil langkah cepat untuk menangani kejadian tersebut.

“Saya juga sudah berpesan kepada anggota untuk lebih soft dalam menghadapi masyarakat yang mungkin lagi marah,” ucap Kapolda Papua.

“Kedepan hal ini akan menjadi perhatian serius bagi kami yang ada di Papua. Karena tidak boleh ada lagi yang memanfaatkan kejadian atau isu-isu yang tidak berdasar untuk melakukan kejahatan lain,” tutup Irjen Fakhiri.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *