BERITA UTAMAJayapura

Bersihkan Pantai Holtekamp, PLN dan Komunitas PTS Kumpulkan 27 Ton Sampah

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Bersihkan Pantai Holtekamp, PLN dan Komunitas PTS Kumpulkan 27 Ton Sampah

Share this article
IMG 20230611 WA0027
PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan Komunitas Papua Trada Sampah (PTS), menggelar aksi bersih-bersih sampah di sekitar wilayah Pantai Holtekamp, Kota Jayapura.

Jayapura, fajarpapua.com– PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan Komunitas Papua Trada Sampah (PTS), menggelar aksi bersih-bersih sampah di sekitar wilayah Pantai Holtekamp, Kota Jayapura.

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia itu berhasil mengumpulkan sebanyak 2,7 ton atau tepatnya 2.713 kilogram sampah.

Ads

Kegiatan yang merupakan bagian dari program Employee Volunteer Program (EVP) tersebut dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian insan PLN dalam merawat lingkungan. Setelah mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan di bibir pantai, para relawan pegawai melakukan pemilahan sampah untuk dikelompokkan sesuai dengan jenisnya.

Dina Danomira, sebagai Founder Komunitas Papua Trada Sampah mengungkapkan bahwa dirinya merasa sangat bahagia atas pelaksanaan bersih-bersih yang dilaksankan pada Sabtu pagi ini. Dirinya menjelaskan bahwa setelah pengumpulan dan pemilahan dilakukan, sampah yang sulit terurai seperti botol plastik akan dibawa ke bank sampah yang berlokasi di belakang Kantor Walikota Jayapura, sedangkan sampah lainnya akan dikumpulkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang berada di daerah Nafri.

“Terima kasih banyak kepada teman-teman PLN karena telah berpartisipasi dan menyempatkan waktunya dalam aksi Beach Clean Up hari ini. Hasil dari kegiatan kita hari ini kurang lebih bisa mengumpulkan 940 kilogram sampah botol kaca, 653 kilogram sampah botol plastik dan 1.120 kilogram sampah campuran. Luar biasa sekali,” ungkap Dina, Sabtu (10/6/2023).

Selain pelaksanaan bersih-bersih pantai, PLN juga memberikan bantuan satu motor bak sampah untuk digunakan saat mobilisasi dan pengangkutan sampah-sampah yang telah dikumpulkan. Sebelumnya untuk mengangkut aksi mereka, hasil sampah akan diangkut menggunakan kendaraan anggota komunitas sehingga cukup terbatas dan memakan waktu lama. “Terima kasih sekali tidak hentinya saya ucapkan. Saya berharap kolaborasi ini akan terus berlanjut sehingga kita bisa bersama-sama membangun Kota Jayapura dan Papua,” ujarnya.

Sementara itu General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono menyampaikan bahwa aksi peduli lingkungan ini merupakan salah satu komitmen PLN dalam Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Selain menyediakan keandalan dalam melayani kelistrikan, PLN juga ingin menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

“Kepedulian pada alam sekitar nantinya akan memberikan manfaat yang kembali kepada kita, berupa ketersediaan air yang cukup atau terhindar dari berbagai bencana hingga kualitas udara yang bersih. Semuanya berkesinambungan. Kami ingin hal itu bisa diimplementasikan oleh seluruh relawan pegawai PLN,” ungkap Budiono.

Tak hanya di Jayapura, aksi bersih-bersih ini juga dilaksanakan pada delapan daerah lainnya, diantaranya yaitu Sorong, Biak, Nabire, Timika, Manokwari, Wamena dan Merauke. Berkolaborasi dengan berbagai stakeholder aksi peduli lingkungan ini diharapkan dapat terus dilakukan agar kondisi alam tetap seimbang.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *