BERITA UTAMAJayapura

Jelang Hari Pers 2024, Polres Jayapura dan Wartawan Gelar Diskusi Publik Melek Literasi Pemilu Damai 2024

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
16
×

Jelang Hari Pers 2024, Polres Jayapura dan Wartawan Gelar Diskusi Publik Melek Literasi Pemilu Damai 2024

Share this article
IMG 20240203 WA0055
Foto bersama

Jayapura, fajarpapua.com- Dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2024, Polres Jayapura bersama wartawan menyelenggarakan Diskusi Publik “Melek Literasi Pemilu Damai”, dengan tema, “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Menjaga Keutuhan Bangsa”, bertempat di Hotel Grand Papua, Sabtu, (3/2).

Kegiatan diskusi publik yang juga mengangkat sub tema, “Mengawal Transisi Kepemimpinan Daerah dan Keberagaman di Kabupaten Jayapura”, itu dihadiri Pj Bupati Jayapura Triwarno Purnomo yang diwakili Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen dan Ketua KPU Kabupaten Jayapura Daniel Mebri.

ads

Aman Hasibuan, salah satu perwakilan jurnalis di Kabupaten Jayapura dalam sambutannya mengatakan, kegiatan diskusi publik dalam menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2024 dilaksanakan atas kolaborasi wartawan dan Polres Jayapura.

“Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Polres Jayapura dengan wartawan di Kabupaten Jayapura, dalam rangka menyambut pesta demokrasi Pemilu Serentak pada 14 Februari 2024 dan juga jelang Hari Pers Nasional pada 9 Februari 2024,” ungkap pria yang juga merupakan jurnalis senior di Bumi Khenambay Umbay ini.

Dalam momen politik, kata Aman, insan pers tetap bekerja terus menyampaikan informasi yang akurat, berimbang, juga untuk meningkatkan literasi, membangun optimisme dan membangun harapan, sehingga masyarakat Kabupaten Jayapura tetap maju.

“Jadi momentum pesta demokrasi ini, insan pers memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi mengenai proses dan ketentuan pemilu, serta kewajiban pemilih,” katanya.

Selain itu, pers juga melakukan fungsi kontrol dan memberikan informasi yang benar dan berimbang menyangkut sistem pemilihan umum,” tambah Aman Hasibuan jurnalis dari media Fajarpapua.com.

Ditempat yang sama, Kapolres Jayapura, AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen mengatakan, wartawan adalah mitra kerja dari Kepolisian dalam hal ini Polres Jayapura, terutama di bidang pemberitaan atau penyebarluasan informasi untuk masyarakat.

“Sinergitas yang telah terjalin baik selama ini, ke depan diharapkan dapat ditingkatkan lagi,” kata AKBP Fredrickus Maclarimboen dalam sambutannya.
Lanjutnya menyampaikan, terkait dengan dilaksanakannya kegiatan diskusi publik ini, bahwa kita dalam waktu dekat akan menghadapi Pemilu Serentak 2024 pada 14 Februari mendatang.

“Jadi, pemilihan umum atau pemilu kali ini punya aturan main yang sedikit rumit dibandingkan dengan pemilu-pemilu sebelumnya. Kenapa sasaran kita pemilih pemula atau generasi muda dalam diskusi publik ini, karena para tokoh atau komunitas lainnya itu yang sudah dilaksanakan oleh Pemda Kabupaten Jayapura dibagi dalam empat (4) kluster yang berdasarkan wilayah pembangunan (WP), yaitu pertama dilakukan di Sentani, WP II di Depapre, WP III di Genyem dan WP IV di Yapsi,” papar Kapolres Jayapura.

“Tentunya, kegiatan ini kami sangat mengharapkan peran serta dari kita semua sebagai penyambung lidah kepada keluarga, famili, kerabat dan handai taulan itu bagaimana pelaksanaan pemilu di 14 Februari nanti, yang nanti disampaikan langsung oleh pemateri dari KPU Kabupaten Jayapura dan pemateri yang lain,” beber AKBP Fredrickus Maclarimboen menambahkan.

Sementara itu, Pj Bupati Jayapura, Triwarno Purnomo diwakili Sekda Kabupaten Jayapura, Dr. Hana S. Hikoyabi, menyampaikan media atau pers memiliki peranan penting dalam pembangunan Kabupaten Jayapura.

Tugas wartawan atau jurnalis, menurut Mama Sekda sapaan akrabnya, adalah sebagai fungsi kontrol sosial terhadap kebijakan pemerintah. Mama Sekda juga mempersilahkan media atau jurnalis untuk memberikan kritik konstruktif yang juga disertai solusi pemecahan masalah sesuai dengan prinsip, unsur dan kode etik jurnalistik, serta unsur berimbang dalam memuat suatu berita.

“Peran media sangat penting untuk kemajuan daerah. Kami berkomitmen menuntaskan kerja untuk masyarakat, baik bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan juga peningkatan ekonomi,”ujar Sekda dalam sambutannya pada pembukaan diskusi publik tersebut.

Pemkab Jayapura berkomitmen menggandeng insan pers atau media, untuk membawa masyarakat di Bumi Khenambay Umbay sejahtera melalui suksesi pembangunan. Untuk diketahui, peringatan HPN 2024 pada tanggal 9 Februari 2024. (hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *