BERITA UTAMAPAPUA

Terangi Desa Patimburak, PLN Hadir Listriki Masjid Tertua di Tanah Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
3
×

Terangi Desa Patimburak, PLN Hadir Listriki Masjid Tertua di Tanah Papua

Share this article
34911543 4b9c 4f35 960e 5d6d7d73d097
Penyalaan listrik desa Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

Fakfak, fajarpapua.com – PT PLN (Persero) berhasil menghadirkan listrik 24 jam pada Desa Patimburak, Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Setelah bertahun-tahun mengalami penerangan terbatas. Di Patimburak Berdiri Masjid tertua yang merupakan peninggalan sejarah di tanah Papua yang dibangun sejak tahun 1870. kini desa tersebut dapat menikmati fasilitas listrik PLN dengan mudah dan nyaman.

Melewati akses yang cukup menantang, Desa Patimburak harus ditempuh selama kurang lebih 2,5 jam menggunakan transportasi darat dan laut dari Kabupaten Fakfak. Hadirnya PLN memberikan angin segar untuk seluruh masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

ads

Imam Masjid Tua Wertuar Patimburak, Arsyad Heremba mengungkapkan rasa syukurnya atas hadirnya layanan listrik di tengah-tengah masyarakat desa. Dia menyampaikan bahwa kebutuhan listrik yang tercukupi akan mempermudah aktivitas masyarakat sehari-hari.

“Sebelum adanya listrik PLN kami gunakan pelita sebagai penerangan, tetapi sebagian masyarakat juga ada yang menggunakan genset. Untuk kebutuhan memasak dan menghidupkan pelita selama satu minggu, biasanya kami membeli minyak tanah sekitar Rp50 ribu untuk 1 jeriken atau sekitar 5 liter. Sedangkan kebutuhan BBM dalam penggunaan genset di masjid, biasanya kami harus mengeluarkan biaya sekitar Rp100 ribu untuk 3 hari pemakaian. Terima kasih karena PLN telah mewujudkan harapan kami untuk merasakan terang,” paparnya, Jumat (22/2/2024).

Peresmian dan penyalaan pertama dilakukan bersama Bapak PJ Gubernur Papua Barat, Ali Baham Temongmere. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi komitmen PLN dalam mewujudkan listrik berkeadilan untuk seluruh masyarakat. Dirinya berharap, listrik yang telah menyala di Patimburak akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

“Semoga dengan penyalaan listrik ini dapat bermanfaat buat masyarakat, untuk bisa mengembangkan minat baca dan juga pendidikan secara menyeluruh, serta seluruh aktivitas ekonomi sehingga masyarakat Kokas khususnya dan masyarakat Fakfak secara umum bisa hidup yang lebih baik dari hari ini,” ungkap Ali.

Dalam proses penyaluran listrik kepada 45 pelanggan yang ada di Desa Patimburak, pasokan listrik masyarakat disuplai melalui skema grid sistem Kelistrikan Fakfak. PLN membangun Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) sepanjang 4,65 kilometer sirkuit (kms), Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) sepanjang 0,72 kms serta membangun sebuah gardu berkapasitas 50 kVA untuk mendistribusikan layanan kelistrikan.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Budiono menjelaskan bahwa PLN akan selalu berupaya maksimal melistriki hingga ke pulau-pulau terkecil di seluruh Tanah Papua. Hadirnya kelistrikan yang layak diharapkan dapat meningkatkan seluruh aspek kehidupan.

“Dukungan pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya untuk memberikan penerangan menjadi kunci hadirnya listrik disini. Terima kasih banyak. Kami juga mohon kepada masyarakat untuk turut serta menjaga keamanan jaringan yang telah dibangun sehingga suplai listrik terus tersalurkan dengan baik. Kalau ada pohon-pohon di dekat jaringan, mohon agar segera disampaikan ke petugas kami agar bisa segera dirapihkan sebelum mengganggu penyaluran listrik,” tutur Budiono.

Selain Desa Patimburak, pada kesempatan ini, PLN juga meresmikan listrik di dua desa lain di Kabupaten Fakfak, yaitu Desa Goras Distrik Mbahamdandara dan Desa Malakuli di Distrik Karas, dengan total 71 pelanggan di Goras dan 148 pelanggan di Malakuli yang kini turut menikmati listrik PLN selama 24 jam. Hingga kini PLN terus berupaya agar masyarakat di daerah lain yang belum menikmati listrik dapat segera terlistriki serta fokus untuk memaksimalkan dan meningkatkan pelayanan.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *