BERITA UTAMAPAPUA

Masyarakat Dihimbau Untuk Peka Terhadap Cuaca di Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
22
×

Masyarakat Dihimbau Untuk Peka Terhadap Cuaca di Papua

Share this article
IMG 20240224 WA0049
Peringatan dini cuaca di wilayah Papua

Jayapura, fajarpapua.com- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Papua telah mengeluarkan peringatan dini cuaca untuk beberapa wilayah di Papua, dengan potensi hujan sedang hingga lebat.

Wilayah yang tercakup dalam peringatan ini antara lain Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Keerom, Sarmi, Mamberamo Raya, Waropen, Nabire, Intan Jaya, Puncak, Puncak Jaya, Mamberamo Tengah, Tolikara, Jayawijaya, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Boven Digoel, dan Merauke (BMKG Papua). Peringatan ini dikeluarkan pada Jumat (23/2).

ads

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap peringatan cuaca yang telah dikeluarkan oleh BMKG.

“Terutama bagi warga yang tinggal di daerah lereng gunung dan wilayah pesisir pantai, dihimbau untuk selalu memantau perkembangan cuaca saat ini dan beberapa hari ke depan,” tuturnya, Sabtu (24/2/2024).

Kombes Pol. Benny juga menekankan pentingnya kewaspadaan terhadap potensi bahaya seperti pohon tumbang, yang sering terjadi di beberapa daerah di Provinsi Papua. Terutama bagi warga yang tinggal di daerah rawan bencana seperti banjir, tanah longsor, atau tertimpa pohon tumbang, diharapkan untuk tetap berhati-hati.

“Dalam beberapa hari belakangan, intensitas curah hujan yang sangat lebat disertai angin kencang telah mengakibatkan kecelakaan laut di perairan laut Papua. Oleh karena itu, sosialisasi tentang kewaspadaan cuaca ekstrem terus disampaikan kepada masyarakat, sementara pihak kepolisian bersama tim gabungan SAR telah menyiapkan tim reaksi cepat untuk memberikan bantuan logistik dan penanganan darurat,” ujarnya.

Masyarakat diminta untuk tidak mengabaikan peringatan ini dan bekerja sama dengan pihak berwenang dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan bersama di tengah potensi cuaca ekstrem yang dapat membahayakan.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *