BERITA UTAMA

Polda Papua Umumkan Seleksi Penerimaan Akpol dan Tamtama

pngtree vector tick icon png image 1025736
8
×

Polda Papua Umumkan Seleksi Penerimaan Akpol dan Tamtama

Share this article
uasana pengumaman calon Tamtama Polri TA 2020 Panda Papua di aula Elsama Numberi SPN Jayapura, Kota Jayapura, Papua.

Jayapura, fajarpapua.com

Kepolisian Daerah (Polda) Papua umumkan seleksi penerimaan calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dan Tamtama Polri TA 2020 Panitia Daerah Papua di Aula Elsama Numberi SPN Jayapura.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

“Siang tadi telah dilaksanakan kegiatan sidang terbuka kelulusan akhir tingkat panda penerimaan calon taruna-taruni Akpol Polri TA 2020 Panda (Panitia Daerah) Papua,” kata Wakapolda Papua Brigjen Pol Yakobus Marjuki di Jayapura, Jumat.

Menurut dia, sidang kelulusan akhir bertujuan untuk memperkuat komitmen bersama dalam pelaksanaan proses penerimaan Akpol TA 2020 yang menjunjung tinggi prinsip bersih, transparan, akuntabel, dan humanis serta clean and clear sehingga diharapkan proses seleksi penerimaan anggota Polri semakin berkualitas dalam rangka mewujudkan Polri yang profesional, modern dan terpercaya.

Adapun peserta seleksi penerimaan anggota Polri Polda Papua TA 2020 sampai pada tahap sidang kelulusan akhir yaitu Akpol sebanyak 20 orang terdiri dari pria 19 orang dan wanita satu orang. Dan yang dinyatakan lulus pada seleksi tingkat Panda Papua sebanyak delapan orang, tujuh pria dan satu wanita.

“Semua tahapan seleksi harus dilakukan secara terbuka, di mana seluruh peserta seleksi bisa melihat sendiri hasil seleksi di setiap tahapannya. Mulai dari proses pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan psikologi, uji jasmani, uji akademik, penelusuran mental kepribadian hingga proses kelulusan,” katanya.

Tahapan tersebut dimulai pada 3 Juli 2020 dan berakhir tepat pada hari ini, Jumat 31 Juli 2020 dan akan dilanjutkan dengan tes tingkat panitia pusat bagi calon taruna Akpol.

“Saya berharap seluruh panitia dan pengawas serta para peserta seleksi dapat berperan aktif dalam mengawasi setiap tahapan seleksi, sehingga akan terjaring calon-calon anggota Polri yang berkualitas,’ katanya.

Kepada para peserta calon taruna (catar) Akpol, mantan Irwasda Polda Papua itu, menyampaikan selamat bagi yang dinyatakan lulus terpilih untuk melanjutkan tahapan tes pusat di Akpol Semarang.

“Persiapkan diri kalian dengan sebaik-baiknya, jaga kesehatan dan selalu semangat dalam mengikuti tahapan seleksi tes pusat, sehingga dapat memperoleh hasil yang maksimal,” katanya.

“Untuk para catar Akpol yang di nyatakan lulus tidak terpilih kalian jangan putus asa, jika kalian gagal pada proses seleksi ini, karena kegagalan hanyalah suatu kesuksesan yang tertunda, jadikan evaluasi agar pada kesempatan berikutnya menjadi lebih baik,” kata Brigjen Pol Yakobus Marjuki.

Sementara itu, Karo SDM Polda Papua Kombes Pol Aris Hariyanto mengatakan sidang terbuka kelulusan akhir tingkat Panitia Daerah penerimaan calon Tamtama Polri TA 2020 telah dilaksanakan pada Kamis (30/07) di aula Elsama Numberi gedung SPN Jayapura.

“18 orang dinyatakan lulus terpilih untuk mengikuti pemeriksaan tingkat pusat, yaitu 16 orang di Pusdik Brimob Watukosek dan dua orang di Pusdik Polair Pondok Dayung,” katanya.

Apabila lolos tingkat pusat, kata dia, selanjutnya para peserta seleksi akan dilantik sebagai siswa Tamtama Brimob dan Polair dan akan dididik selama 4 bulan.

“Kepada adik-adik yang tidak dinyatakan lulus seleksi Polri maka harus tetap kuat dan semangat untuk terus berjuang berlatih dan berusaha lebih baik lagi, agar bisa mencoba mengikuti seleksi pada tahun depan, semoga di tahun depan bisa lulus dengan baik,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *