Wabup John Rettob : Kita Harapkan Kokonao Sudah Diterangi Listrik pada Bulan November Ini

by -
Wakil Bupati Mimika
Wakil Bupati Mimika, Johannes Retrob, S.Sos, MM

Timika, fajarpapua.com – Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob, S.Sos MM mengatakan saat ini jumlah pelanggan PLN yang tersebar di 7 kampung wilayah Kokonao Distrik Mimika Barat sebanyak 303 orang. Diharapkan dalam bulan November ini wilayah itu diterangi listrik.

“Hampir semua kampung sudah terdaftar hanya Kampung Migiwia yang belum karena soal administrasi saja. Semua sudah siap dan tidak ada masalah. Jumlah keseluruhan bisa sampai 700 pelanggan. Saya harapkan PLN bisa kejar pekerjaan yang belum selesai dan diharapkan dalam bulan ini sudah bisa nyala,” kata Wabup John kepada wartawan, Jumat (13/11).

banner 300250

Dikatakan, tahun ini harus ada empat distrik yakni Mimika Barat, Amar, Agimuga dan Mimika Barat Jauh yang dialiri listrik. Khusus Amar dan Mimika Barat Jauh menggunakan PLTS, sedangkan Agimuga dan Kokonao menggunakan mesin diesel 100 KWh.

“Penyambungan pertama yang terdaftar adalah masayarakat, fasilitas umum belum, nanti berikutnya. Prioritas pertama masyarakat dulu,” tandasnya.

Ia menyatakan, penyambungan untuk daya 900 watt sudah dilakukan bahkan masyarakat sudah membayar.

“Bagi warga yang ada di Kokonao, mereka hanya bayar 50 persen, sisanya tanggungan PLN, karena ada program Pemerintah Pusat dari Presiden Jokowi dengan program Indonesia terang dan Papua terang,” tukasnya.

BACA JUGA:  Wabup John Rettob : Semua Lapter di Pedalaman Mimika Mangkrak Karena Tidak Diperhatikan

Tentang operator, Wabup JR menyatakan kepala distrik dan para kepala kampung sudah membuat surat pernyataan bahwa mereka yang akan membiayai operator. Setelah itu PLN merekrut tenaga baru yang nantinya akan menjadi operator tetap di Kokonao.

Menindaklanjuti hal itu, tenaga operator sudah dikirim menjalani magang di PLN Timika.

“Mereka sudah tiga bulan magang, setelahnya kembali menjadi operator mesin diesel milik PLN di Kokonao. Prinsipnya dalam bulan ini sudah bisa menyala dan terang di Kokonao,” paparnya.

Jika ada kendala yang tidak bisa diatasi, Wabup JR memastikan paling lambat menjelang Natal wilayah itu sudah menyala.

Selain Kokonao, ada juga Agimuga. Menurutnya PLN sudah siap hanya saja operator belum siap karena belum ada pernyataan dari kepala distrik, para kepala kampung serta masyarakat setempat tentang biaya operator.

Sedangkan Amar dengan 6 kampung, diharapkan PLTS sudah menyala bulan ini. Distrik Amar sudah dilakukan uji coba, sudah siap tinggal penyambungan ke rumah-rumah.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.