Cerita Korban KM Sinar Intan 02 yang Selamat, Kapten Eka Sempat Melompat Tapi…

by -
Pencarian KM Sinar Intan 02.

Timika, fajarpapua.com – Tim SAR Gabungan pada Jumat (25/12) sekitar pukul 07.30 WIT kembali melanjutkan pencarian terhadap korban KMN Sinar Intan 02 tujuan Timika-Sarmi yang tenggelam di Perairan Kaimana.

Kepala Kantor SAR Timika, Monce Brury ketika dikonfirmasi Fajar Papua Jumat siang mengemukakan, dari enam penumpang kapal naas tersebut, tersisa Kapten Ekayadi yang belum ditemukan.

Dikemukakan, berdasar kesaksian lima korban selamat, saat lambung kapal bocor, semua berusaha melompat ke laut.

“Jadi pas kapal sudah mau tenggelam, mereka semua sama-sama melompat ke laut,” ujarnya.

Dikatakan, keenam korban menggunakan pelampung. Namun saat melompat ke laut, kapten Ekayadi terpisah dari kelima ABK lainnya.

“Yang lima orang ini mereka saling pegangan tapi Kapten Eka terpisah. Mereka sudah berusaha tapi karena ombak akhirnya Eka terbawa ombak,” ujarnya.

Monce mengatakan, kelima korban bersama-sama berusaha mencapai daratan selama berjam-jam.

Menurutnya, pencarian hari ini tetap dilakukan di lokasi kejadian. Kemungkinan pencarian meluas jika cuaca memungkinkan.

“Sekarang fokus cari korban dulu, untuk bodi kapal, tergantung situasi tempat kejadian,” ujarnya.

Kantor SAR Timika melaporkan KMN Sinar Intan dari Timika tujuan Sarmi tenggelam di perairan Kaimana, sekitar pukul 03.00 WIT, Senin (21/12). Peristiwa naas itu baru dilaporkan ke Kantor SAR Timika, pukul 06.10 WIT Kamis (24/12).

Monce Brury rilis media, Kamis petang mengatakan, setelah mendapat laporan, sekitar pukul 06.30 WIT Kamis pagi, tim gabungan SAR menuju lokasi dan tiba di tempat kejadian sekitar pukul 08.30 WIT.

Peristiwa tenggelamnya kapal naas itu diketahui dari laporan Kasat Pol Airud Kaimana. Lokasi tenggelamnya KMN Sinar Intan 04°13’22.49″S – 132°55’7.34″E.

Jumlah korban enam orang, yang sudah berhasil selamat 5 orang sedangkan 1 orang masih dalam pencarian.

Adapun identitas para korban, Ekayadi (35) dalam pencarian, sementara korban selamat Jenuri, Arif, Imran Sam, Agus, dan Syamsudin.

Monce menjelaskan, kronologis kejadian, sekitar pukul 08:00 WIT, KMN Sinar Intan 02 berangkat dari Timika tujuan Sarmi.

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250