YPMAK Fasilitasi 60 Anak Banti dan Opitawak Sekolah di Timika

by -
Direktur YPMAK Vebian Magal
Direktur YPMAK Vebian Magal

Timika, fajarpapua.com – Direktur Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme Kamoro (YPMAK), Vebian Magal mengatakan pihaknya memfasilitasi anak-anak dari Kampung Banti dan Kampung Opitawak untuk melanjutkan pendidikannya.

Kepada fajarpapua.com di Studio RPM pada Jumat siang, Vebian menuturkan ada sebanyak 60 anak yang terdiri dari kelas 6 SD dan kelas 9 SMP dikedua kampung yang sejak orang tua mereka mengungsi ke Timika pendidikkan mereka tidak jalan.

“Seperti kita ketahui situasi keamanan yang membuat Kampung Banti dan Opitawak tidak aman. Jadi sekarang mereka belajar di Timika, YPMAK dan Pemda Mimika memfasilitasi sehingga mereka bisa ikut ujian,” jelasnya.

YPMAK lanjutnya, hanya bisa memberi fasilitas untuk siswa yang duduk di kelas ujian akhir saja sementara yang lainnya masih dipikirkan langkah-langkahnya.

“YPMAK menyiapkan beberapa ruang kelas di kompleks MPCC dan saat ini proses belajar mengajar akan segera berjalan guna mempersiapkan siswa untuk ujian akhir sekolah,” ujar Vebian kepada fajarpapua.com, Jumat.

Untuk guru lanjutnya, YPMAK sudah membicarakan hal itu dengan Pemda Mimika. “Pemda Mimika yang akan menyiapkan guru, mulai bulan ini belajar mengajar sudah mulai jalan,” jelanya.

Vebian menegaskan, kegiatan belajar mengajar harus segera berjalan sehingga siswa ada bekal untuk menghadapi ujuan akhir nanti.

Pendidikan lanjutnya, sangat penting dalam mempersiapkan masa depan mereka. Untuk itu YPMAK turut ambil bagian menyukseskan pendidikan di Timika, terlebih pendidikan bagi anak-anak Amungme dan Kamoro. (tim)