1.010 Personil TNI-Polri Jadi Target Vaksinasi Covid-19, Dinkes: Tahap Screening Harus Terpenuhi

by -
Salah satu Personel Kepolisian di Mimika yang mengikuti Vaksin Covid19
Salah satu Personel Kepolisian di Mimika yang mengikuti Vaksin Covid19

Timika, fajarpapua.com – Sebanyak 1.010 personil TNI-Polri yang bertugas di Kabupaten Mimika menjadi target Vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang dilaksanakan, pada Selasa (16/3) di Mako Brimob Den B Polda Papua, Mile 32.

Koordinator Medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, dr. Audio B. Titalessy kepada wartawan mengatakan, kegiatan tersebut adalah vaksinasi tahap ke-2 dengan sasaran pelayan masyarakat, termasuk TNI dan Polri.

“Jumlah personil yang divaksinasi keseluruhannya kurang lebih sebanyak 1.010 personil,” ujarnya.

Jumlah tersebut terdiri dari Polres Mimika 400 personil, Brimob 200 personil, Satgas Pamrahwan 70 personil, Satgas Nemangkawi 210 personil dan Satgas Nemangkawi TNI sebanyak 100 personil.

Dijelaskan, vaksinasi Covid-19 ini memiliki 4 tahapan, yaitu dimulai dari Pendaftaran, Screaning, Vaksinasi, dan terakhir Observasi serta Pencatatan.

“Jadi sebelum divaksin, personil harus memenuhi atau lolos screening dulu, apakah sudah layak untuk divaksin atau belum. Kalau memang belum ada dua kemungkinan, bisa juga ditunda ataupun dibatalkan,” katanya.

dr.Titalessy menjelaskan tidak layaknya seseorang menerima vaksinasi terjadi karena beberapa faktor. Diantaranya, apabila tensi lebih dari 180, pernah terpapar7 Covid-19 kurang dari 3 bulan dan juga memiliki sejumlah penyakit bawaan sehingga tidak memenuhi syarat. (rul)