Wabup Mimika Resmikan Pelayaran Perdana KM Satya Kencana 2 Timika – Dobo – Saumlaki, Rute 2 Minggu Sekali

by -
KMP Satya Kencana II
KMP Satya Kencana II

Timika fajarpapua.com – Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob pada Jumat (9/4) sore meresmikan pelayaran perdana rute KM Satya Kencana 2 bertempat di Pelabuhan Kapal Perintis, Pomako.

KM Satya Kencana 02 yang berkapasitas 450 penumpang akan melayani jalur pelayaran Timika, Dobo, Saumlaki dan Marlasi.

Turut hadir saat peresmian Direktur
PT Darma Diva, Kepala Dinas Perhubungan Mimika dan jajaran, perwakilan PT Pelni, Polsek KP3 Laut, Distrik Mimika Timur serta sejumlah utusan lembaga lainnya.

Wabup JR dalam sambutannya mengatakan, dengan diresmikannya pelayaran KM Satya Kencana 02 maka jalur sabuk Selatan sudah resmi tersambung.

“Tapi saya berharap pelayaran ini dapat dilakukan secara konsisten, tepat waktu,” ujarnya.

Dia berharap warga Mimika asal Dobo, Saumlaki bisa menggunakan kapal tersebut. “Apalagi bisa angkut motor, mobil, ini luar biasa. Sekali lagi saya harap kapal bisa konsisten dengan jadwal,” katanya.

Setelah melakukan pengecekan kondisi kapal, orang nomor dua di Kabupaten Mimika itu menilai kondisi kapal bagus. Apalagi pernah dioperasikan di tempat lain.

“Dari sisi budaya, tradisi, pasti berbeda. Saya harap bisa buat SOP yang baik. Perhatikan protokol kesehatan, sosialisasikan kepada masyarakat supaya bisa gunakan kapal ini,” harapnya.

BACA JUGA:  Harga Tiket KMP Satya Kencana II Timika - Dobo Hanya Rp 80 Ribu, Simak Jadwal dan Cara Pembeliannya

Atas nama Pemda Mimika, Wabup JR mengapresiasi pelayaran perdana tersebut. Dia berharap kapal tersebut pergi dan kembali lagi, bukan seperti sebelumnya pergi dan tak pernah kembali.

20210409 152950
Foto bersama di atas ruangan kapal

“Pelayanan baik, konsisten waktu, berikan kontribusi bagi Mimika, kalau itu diterapkan saya pastikan kapal ini akan jadi pilihan warga asal Dobo dan Saumlaki,” tukasnya.

Dia berterima kasih karena dengan hadirnya kapal tersebut, jalur utama dan selatan sudah bisa ditempuh menggunakan kapal perintis.

“Jaga pelayanan, jaga pelayaran, jaga keselamatan dan jaga fasilitas kapal. Kita naik hari ini, satu tahun lagi harap kondisi tetap sama,” harapnya.

Direktur PT Darma Dwipa Utama, I Gede Mahartha RST dalam sambutannya mengemukakan, perusahaan yang dipimpinnya berada dibawah PT Darma Lautan Utama yang dipercayakan melayani lintas penyeberangan Dobo Timika PP, Dobo Saumlaki PP, dan Dobo Marlasi PP.

Sertifikasi teknis panjang kapal 65,8 meter, lebar 13 meter, kapasitas penumpang 450 pax, kendaraan campuran 45 unit.
Adapun fasilitas kapal full ac, ruang khusus penumpang, klinik, dan fasilitas lainnya.

“Lintasan Timika Dobo ditempuh dua minggu sekali, lama waktu perjalanan 19 jam. Kapal ini bisa lebih cepat. Tapi kami menyesuaikan waktu sandar,” ujarnya.(tim)