Sehari Hanya Terinfeksi 4 Orang, Mimika Menuju Zona Hijau, Wabup John Rettob Minta Warga Tetap Waspada

by -
Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob
Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob

Timika, fajarpapua.com – Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob minta warga Mimika tetap mengedapankan pola hidup 3 M (mengunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak). Sebab saat ini infeksi penularan covid 19 dan Timika menurun tajam dan Mimika sedang menuju zona hijau.

Dikonfirmasi fajarpapua di Sentra Pemerintahan SP 3, Senin (3/5) Wabup JR mengemukakan sampai kemarin jumlah terinfeksi baru covid 19 sudah menurun tajam.

“Kemarin (akhir pekan) dari 117 spesimen yg diperiksa, yang positif hanya 4 orang,” tukasnya. Padahal lanjut dia, 117 orang yang diperiksa tersebut yang terdeteksi mengalami gejala mirip covid atau yang pernah berinteraksi dengan pasien positif.

Jumlah infeksi harian yang menurun tajam ini berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya yang bisa mencapai puluhan kasus dalam sehari. “Bahkan Mimika pernah catat rekor 50 kasus infeksi tertinggi baru dalam sehari saat Januari 2021, padahal November 2020 kita sempat turun,” pungkasnya.

Menurut Wabup JR, data terakhir dari total 6.064 kasus, tambahan baru yang sembuh 9 kasus, yang masih dirawat 180 orang dan total sembuh 5.834 orang.

“Sedangkan total spesimen yang diperiksa 58.201spesimen, yang positif hanya 6.064 orang dan meninggal dunia 50 orang,” ujarnya.

Dikemukakan, kasus aktif saat ini tersisa 180 orang sudah termasuk Tembagapura. Bahkan pasien covid di RSMM sudah kosong.

“Kita tetap waspada, ingat jangan sampai seperti India karena melonggarkan 3 M akhirnya sekarang malah kematian dimana-mana, jangan sampai kita juga begitu, tetap waspada, tetap patuhi 3 M,” harap Wabup JR.(tim)