BERITA UTAMAMIMIKA

BNPT Gelar Dialog Nasional Untuk Membangun Kesejahteraan Papua di Timika

cropped cnthijau.png
7
×

BNPT Gelar Dialog Nasional Untuk Membangun Kesejahteraan Papua di Timika

Share this article
Kepala BNPT Komjen Pol Dr Drs Boy Rafli Amar bersama Bupati Mimika Eltinus Omaleng saat menggelar konferensi pers
Kepala BNPT Komjen Pol Dr Drs Boy Rafli Amar bersama Bupati Mimika Eltinus Omaleng saat menggelar konferensi pers

Timika, fajarpapua.com – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar Dialog Nasional untuk Kesejahteraan Papua, berpusat di Hotel Horison Ultima Timika, Papua, pada Jumat (11/6).

ads

Kegiatan melibatkan Satgas Nemangkawi, unsur Forkopimda Papua, PT Freeport Indonesia, tokoh adat dan agama, serta jajaran pejabat BNPT.

Usai kegiatan, dilakukan konferensi pers yang diikuti 12 awak media di Timika. Kepala BNPT Komjen Dr Drs Boy Rafli Amar didampingi Bupati Mimika Eltinus Omaleng serta perwakilan TNI.

Dalam rilis yang diterima fajarpapua.com disebutkan kekerasan yang terjadi di tanah Papua menjadi duka bagi Indonesia. Tidak sedikit masyarakat sipil menjadi korban kelompok bersenjata yang kini resmi dilabeli sebagai “teroris” oleh pemerintah.

Sejak penetapan tersebut, pemerintah pun tidak berhenti mencari formula terbaik tanpa mengabaikan unsur hak asasi masyarakat Papua.

Melalui dialog ini, Kepala BNPT, Komjen Pol. Dr. Boy Rafli Amar, M.H., menjelaskan pemerintah saat ini berusaha memberikan perlindungan kepada masyarakat, mencegah, sekaligus menghentikan kekerasan.

Upaya ini direalisasikan melalui pendekatan lunak yakni pembangunan kesejahteraan agar masyarakat merasakan kehadiran dan kepedulian negara.

“Yang bisa kami lakukan untuk membangun kesejahteraan mereka yang merasa termarjinalkan, melakukan pembangunan fisik dan non fisik, membangun nilainilai kebangsaan yang belum ada,” jelas Boy.
 
Disamping itu, pendekatan kultural harus dilakukan bagi masyarakat Papua yang masih sangat kental dengan unsur budaya dan adatnya. Peran tokoh adat jadi sangat penting dalam meredam konflik, dalam memberikan pemahaman dan pengertian terhadap nilai yang arif dalam kehidupan bermasyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *