Dinkes Mimika “Tekan” Perkembangbiakan Nyamuk Malaria Jelang PON dan Pesparawi

by -
Reynold Ubra
Reynold Ubra

Timika, fajarpapua.com – Dinas Kesehatan Provinsi Papua akan menyiapkan stok obat malaria, RDP serta obat lainnya untuk kebutuhan PON dan Pesparawi mendatang.

“Yah tentunya, dari Provinsi yang akan menyiapkan stok obat sesuai kebutuhan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Reynold Ubra saat dijumpai di Gedung Tongkonan Jl. Samratulangi, Senin (21/6)

Sebagai langkah antisipatif, Dinkes Mimika sudah melakukan penyemprotan rumah dan survei jentik yang berada di radius 500 meter dari venue maupun penginapan peserta PON dan Pesparawi. Dari target capaian rumah yang sudah disemprot yakni 75 persen.

“Tinggal pemantauan jentik di sekitar venue dan tempat akomodasi yang belum. Itu nanti kami evaluasi dalam minggu ini,” katanya.

Ia menjelaskan tidak semua nyamuk malaria hinggap di tempat yang terlihat kumuh. Jika ada genangan yang airnya lebih tenang dan bersih malah lebih berpotensi untuk sarang nyamuk tersebut.

“Seperti contoh di dekat venue itu ada rumput tinggi lalu kaya ada wadah air botol atau plastik yang ada airnya itu sebenarnya juga ada, lebih berpotensi juga,” imbuhnya.(feb)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250