Saat Jam Ramai Diprediksi Jln Yos Sudarso Macet, Warga : Jarak Tempuh Sangat Jauh, Kadishub : Awal-awal Pasti Pro Kontra

by -
Arus lalu lintas Jln Budi Utomo pukul 19.00 WIT tadi malam.
Arus lalu lintas Jln Budi Utomo pukul 19.00 WIT tadi malam.

Timika, fajarpapua.com – Perubahan rute Jln Budi Utomo menjadi satu arah melahirkan banyak konsekuensi. Selain jarak tempuh warga semakin jauh, Jln Yos Sudarso akan menjadi titik simpul semua arus lalu lintas di Kota Timika yang diprediksi bakal macet khusus pada saat arus lalu lintas ramai.

Seorang warga Belibis, Amin, mengaku apabila kebijakan itu diterapkan, otomatis warga Belibis yang hendak ke SMK Petra harus melalui Jln Yos Sudarso lalu memotong median Jln depan Kantor Samsat menuju Samratulangi.

Atau warga Cenderawasih yang hendak ke Kantor Lantas harus melalui Jln Yos Sudarso melewati Jln Pendidikan.

“Pokoknya nanti semua menumpuk di Jalan Yos Sudarso. Ini kebijakan aneh, tidak menghitung dampak yang ditimbulkan,” tuturnya.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Jania Basir kepada fajarpapua.com Selasa (30/6), mengatakan penerapan satu jalur merupakan solusi dalam menangani kemacetan saat perayaan Pesparawi dan PON XX Papua di Kabupaten Mimika.

“Mengatasi terjadinya kemacetan saat event besar Pesparawi dan PON Papua nanti, bukan hanya event besar tapi kadang di hari-hari besar juga pasti macet sedangkan di jalan lainnya lengang,” katanya.

BACA JUGA:  Jangan Hanya Ciptakan Kemacetan Parah di Kota Timika, Dishub Mimika Perlu Juga Bangun Pos Jaga

Dijelaskan, penerapan satu jalur ini hanya berlaku di Jalan Budi Utomo, karena mayoritas masyarakat Timika pulang pergi beraktivitas melalui Jalan Budi Utomo, sedangkan jalan lainnnya seperti Jalan Cendrawasih ke Jalan Yos Sudarso sepi kendaraan.

“Ini kan terfokus di Budi Utomo jadi jalan lain kayak Ahmad Yani, Hasanuddin Petrosea, Jalan Yos Sudarso yang aksesnya bagus belum digunakan secara maksimal,” jelas Jania.

Dikatakan, pada hari Kamis (1/7) Dishub Mimika akan berkoordinasi dengan Satlantas Polres Mimika melakukan simulasi turun langsung ke Jalan Budi Utomo mengatur pengendara agar mengarah ke satu jalur. Simulasi akan dilaksanakan satu minggu kedepan.

“Memang setiap aturan dari pemerintah itu pasti ada pro dan kontra tetapi masyarakat seharusnya tetap jalankan apa yang pemerintah atur. Awal-awal pasti banyak pelanggaran tapi kita akan dampingi besok lebih intens dengan Lantas,” bebernya. ujarnya.
(rul/red)

INFO IKLAN 0812-3406-8145