Presiden Jokowi Sapa Warga Mimika, Tanya Situasi Kamtibmas ke Kapolres Mimika

by -
HUT Bhayangkara ke 75 Tahun
HUT Bhayangkara ke 75 Tahun

Timika, fajarpapua.com – Perayaan hari ulang tahun Bhayangkara ke-75 tahun, menjadi momen spesial bagi warga Kabupaten Mimika.

Bagaimana tidak, dalam perayaan yang berlangsung secara virtual tersebut, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang memimpin upacara langsung dari Istana Negara, Jakarta yang didampingi Wakil Presiden K.H. Ma’ruf Amin, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Hadi Tjahjanto, pertama langsung menyapa peserta dari Kabupaten Mimika.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi menanyakan situasi Kamtibmas dan meminta Kapolres Mimika, AKBP IGG Era Adhinata memaparkan laporan tentang keamanan di Kabupaten Mimika.

“Pertama-tama saya ingin menyapa yang paling jauh Polres Mimika, saya ingin mendapatkan laporan tentang keamanan disana, silahkan Kapolres,” kata Jokowi.

Kapolres Mimika, AKBP IGG Era Adhinata menjawabnya dengan tegas bahwasanya hingga saat ini situasi di Kabupaten Mimika dalam keadaan aman dan kondusif.

Selain itu Kapolres Era juga melaporkan dalam hal penanganan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Timika berjalan dengan baik

“Saat ini situasi di kabupaten Mimika dalam keadaan aman dan kondusif, saya perlu sampaikan kepada Bapak Presiden bahwa dalam penanganan KKB di Kabupaten Mimika sampai saat ini dapat berjalan dengan baik. Hal ini tentunya tidak terlepas dari upaya penegakan hukum yang dilakukan oleh operasi Nemangkawi dan satuan tugas TNI dan Polri di wilayah Kabupaten Mimika yang berjalan dengan sinergis,” katanya.

BACA JUGA:  13 Perwira Polres Mimika Dimutasi, Termasuk Kasat Reskrim dan Kapolsek Miru Diganti

Dijelaskan Kapolres Era, sejak awal Tahun 2021 hingga sekarang belum ada aksi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang dilakukan oleh KKB lebih khususnya di wilayah Tembagapura.

Demikian Kapolres Era, masyarakat merasa resah dan menolak keberadaan KKB di wilayah hukum Kabupaten Mimika.

“Polres Mimika didukung satuan TNI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Mimika sedang melaksanakan program pengembangan pertanian, peternakan dan pendidikan kepada anak-anak Papua terutama anak-anak usia dini yang dinamaka program Polisi Pi-Ajar,” jelasnya.

Lanjut Kapolres Era, saat ini ada program utama yaitu Pos Kamling yang disebut Pos Peduli Keamanan (PEKA) yang mana terhitung hingga sekarang di Kabupaten Mimika sudah berdiri sebanyak 190 Pos Peka.

“Pembangunanya dilakukan secara swadaya oleh masyarakat, keberadaan pos itu sangat membantu aparat keamanan dalam mendeteksi gangguan keamanan dan potensi konflik yang ada di Timika serta membantu dalam penanggulangan Covid-19,” ucapnya.

Menurut Era, dalam langkah mengantisipasi adanya gangguan keamanan masyarakat, Polres Mimika mensinergikan unsur intelijen yang ada di Timika agar dapat mendeteksi dini setiap ancaman yang ada, sehingga dengan cepat dapat merespon dan menyusun langkah-langkah antisipatif melakukan pengamanan.

“Hal ini sesuai dengan program dari Kapolri, demikian yang bisa saya laporkan. Mohon arahan dari Bapak Presiden,” ujar Era. (rul)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.