8 ABK LCT Cahaya Pancaran Hati yang Hendak ke Kokonao Diperiksa Kantor Kesehatan Pelabuhan Pomako

by -
ABK sedang menjalani pemeriksaan kesehatan
ABK sedang menjalani pemeriksaan kesehatan

Timika, fajarpapua.com – Berbagai langkah terus dilakukan pemerintah daerah,TNI-Polri maupun Instansi terkait guna mencegah penularan wabah virus corona (Covid-19) di Kabupaten Mimika.

Koramil 1710-07/Mapurujaya yang mempunyai wilayah pelabuhan laut selalu aktif berpartisipasi bersama Polsek KP3 Laut dan instansi terkait dalam pengawasan keluar masuknya kapal di Pelabuhan Pomako.

Seperti halnya kali ini, Babinsa Kampung Pomako Koramil 1710-07/Mapurujaya, Koptu Usman, mendampingi pelaksanaan Rapid tes Antigen kepada 8 orang ABK LCT.Cahaya Pancaran Hati yang akan berangkat dari Timika ke Kampung Kokonao Distrik Mimika Barat.

Kegiatan dipimpin Melvin KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) yang dilaksanakan di pelabuhan Rombe kampung Pomako Distrik Mimika Timur, Sabtu (10/9).

Koptu Usman saat dikonfirmasi mengatakan, hal ini sebagai langkah strategis yang akan terus dilakukan yaitu dengan memperketat pengawasan pelabuhan guna mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mimika. 

“Ini merujuk pada pemberlakuan PPKM saat ini yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat atas penyebaran covid 19. Tentunya kami perlu meningkatkan pengawasan terhadap setiap kapal beserta muatannya, yang keluar masuk ke pelabuhan Pomako, untuk mengantisipasi adanya penumpang yang terjangkit virus Corona,” jelasnya.

Babinsa Kampung Pomako tersebut juga menambahkan skenario yang diterapkan adalah setiap kapal yang keluar masuk Pelabuhan Pomako diharuskan melewati pemeriksaan secara ketat oleh petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melaksanakan Rapid tes Antigen. 

“Jika ada yang suspect terjangkit virus Corona, maka akan dilakukan penanganan dan tindakan medis secara khusus sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) yang berlaku,” pungkasnya.(red)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250