Diserang Covid-19, Pastor Herbert Henslok SCJ, Misionaris Katolik Papua Meninggal Dunia di RSMM Timika

by -
Pastor Herbert Henslok SCJ
Pastor Herbert Henslok SCJ

Timika, fajarpapua.com – Umat Katolik kembali berduka. Pastor Herbert Henslok SCJ, misionaris Katolik Papua menghembuskan nafas terakhir di RSMM Timika, Senin (19/7) sore.

Kabar kepergian Pastor Henslok pertamakali diketahui fajarpapua.com dari unggahan Pastor Paroki St Stefanus Sempan, Pater Maximilianus Dora OFM dalam laman WA Group Dewan Paroki Sempan. Sontak ucapan duka mengalir atas kepergian salah satu tokoh penting gereja Katolik Papua itu.

Tidak banyak refensi tentang almarhum. Namun sosok Pastor Henslok demikian dia disapa, tertuang dalam tulisan pater Warjito SCJ.

Berikut petikan langsung.yang berhasil diperoleh fajarpapua.com: “Di masa lampau keputusan dasar (optio fundamentalis) menjadi utusan atau misionaris adalah hal biasa. Bahkan saat meninggalkan kampung halamannya pun sudah ditandai dengan “salib”.

Siapa tahu Tuhan Allah akan memanggilnya saat kapal yang ditumpanginya diterpa badai di Tanjung Harapan, di ujung Afrika Selatan?

Siapa tahu saat di tanah misi mesti berhadapan dengan penyakit yang mematikan.

Seorang Imam SCJ, Herbert Henslok, Pastor di beberapa Paroki di Keuskupan Timika, antara lain di PAROKI TIGA RAJA yang kemudian menjadi KATEDRAL 3 Raja, Seperior SCJ Papua, yang TELAH GENAP genap 79 tahun umurnya pada tgl 26/2/2021..memilih menjadi misionaris seumur hidup.

Beliau yang berasal dari B.Nowy (Polandia) — desa tetangga Auswitch, memilih bergabung dengan SCJ, karena mempunyai “misi luar negeri”.

BACA JUGA:  Pandemi Covid-19 Kian Meluas, Paroki St Stefanus Sempan Timika Keluarkan 7 Keputusan yang Wajib Diketahui Umat

Jelaslah kebahagiaan beliau terpancar pada “persembahan diri pada Allah” sebagai misionaris seumur hidup.

Beliau yang tahun 2017 merayakan 50 tahun imamatnya (18/6) tidaklah seorang diri berangkat ke tanah misi. Masih ada Pastor Andreas Lukasik SCJ dan Pastor Jozep Kurkowski SCJ dan disusul oleh puluhan konfratresnya dari Kampung Halaman Polandia, yang tersebar di banyak negara.

Pastor Amandus Rahadat Pr punya pengalaman pribadi dengan almarhum. Bulan lalu, almarhum masih sempat mengirim SMS.

“Ptr Amandus, mat pg. Pg ini di pastoran Tiga Raja atau Sp 2? Apakah sy boleh bertamu? Tq. hh…..”

Pastor Amandus menyampaikan rasa dukanya. Babe… Slamat jalan 😭

Maafkan saya… saat saya minta bantu misa Harian di Aula Bernardus karena saya sedang RAPAT PANITIA Pembangunan Gereja Katedral, Babe langsung berangkat.. karena tinggal 15 menit,

Babe lari kencang… ditabrak Mobil yg keluar dari Pompa Bensin SP2… KAKI PATAH 😭🥲.. maafkan saya… Pater begitu SETIA sbg “pastor Rekan” di 3 Raja saat itu…#

SLAMAT JALAN KE RUMAH BAPA SURGAWI..#

Doakan kami yang masih berjuang ini ..RIP

(red)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 banner 300250