BERITA UTAMAMIMIKA

Dampak Covid-19 Varian Delta Masuk Papua, Kadinkes : Rumah Sakit Penuh, Obat Susah Didapat

cropped cnthijau.png
13
×

Dampak Covid-19 Varian Delta Masuk Papua, Kadinkes : Rumah Sakit Penuh, Obat Susah Didapat

Share this article
Tiga gejala utama varian Delta
Tiga gejala utama varian Delta

Timika, fajarpapua.com – Kondisi kesehatan masyarakat di Papua sangat dikhawatirkan. Pasalnya jumlah kasus Covid-19 hingga berujung kematian tiap harinya terus bertambah.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Roby Kayame melalui realese yang diterima fajarpapua.com, Rabu (21/7) mengungkapkan bahwa Covid-19 varian baru jenis Dldelta sudah masuk di Papua hingga ke pelosok.

“Jenis Delta virus sudah masuk di sini (Papua), kasus ini telah masuk sampai pelosok Papua,” katanya.

Dijelaskan, Covid-19 varian Delta memiliki daya menular yang tinggi dan cepat, bahkan orang yang terpapar virus jenis delta dimungkinkan meninggal dengan cepat, sehingga patut dikatakan bahwa kondisi kesehatan di Papua perlu diwaspadai.

Diungkapkan Roby, perharinya kasus Covid-19 bertambah sehingga daya tampung ruang isolasi pasien Covid-19 di seluruh Rumah Sakit di Papua sudah penuh, dalam hal ini banyak pasien yang isolasi mandiri di rumah.

“Daya tampung di Rumah Sakit dan Pusat isolasi sudah penuh semua rumah sakit di Papua, isolasi mandiri di rumah sulit dapat obat dan pendampingan,” ungkapnya.

Selain itu, kuantitas oksigen dan obat-obatan serta alat pelindung diri (APD) di setiap Rumah Sakit di Papua sangat menipis, ditambah lagi tenaga kesehatan yang sangan kewalahan dalam menangani kasus Covid-19 ini.

Roby meminta masyarakat Papua agar tetap selalu mentaati protokol kesehatan dan menjaga imun, sehingga kasus Covid-19 di Papua dapat terkendali.

“Dukungan masyarakat akan pengendalian covid, tidak maksimal terasa dimana-mana. Jika hal ini terus terjadi tanpa perbaikan kita akan mengalami banyak masalah kedepan,” pungkasnya. (rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *