Dua Karyawan Freeport Meninggal Dunia, Joni Lingga : 700 Orang Sedang Diisolasi di Tembagapura

by -
Petugas sedang memakamkan jenazah covid 19
Petugas sedang memakamkan jenazah covid 19

Timika, fajarpapua.com – Dua karyawan PT Freeport Indonesia, Rabu (21/7) meninggal dunia di Tembagapura akibat terserang covid-19. Pemakaman dilakukan Kamis (22/7) di Pekuburan Covid SP 1.

Vice President PTFI, Joni Lingga mengatakan Rumah Sakit Freeport Tembagapura merawat 44 pasien dimana 3 diantaranya dengan kondisi kritis. Sementara Klinik Kuala Kencana (KK) merawat 11 pasien.

“Kalau yang isolasi mandiri dan isolasi di barak- barak yang disiapkan perusahaan ada 700 orang yang terpapar. Khusus yang sakit petugas medis berusaha maksimal agar mereka bisa sembuh dan kembali bekerja,” kata Joni usai pertemuan bersama Satgas Covid-19 dan Forkopimda di Grand Mozza, Rabu ( 21/7).

Trend kasus dalam satu minggu terakhir ini menurun. Setiap pekerja yang dari hasil rapid antigen dinyatakan reaktif langsung masuk karantina. Sebagian dirawat, isolasi di rumah serta tempat-tempat yang sudah disiapkan perusahaan. Selama perawatan mereka diobati dan dikontrol ketat.

Selain itu, kata dia, persediaan oksigen menipis karena memang pasokan dari luar sangat terbatas.

“Manajemen PTFI sedang mengubah pabrik oksigen yang ada di LIP Kuala Kencana yang selama ini untuk industri diubah menjadi oksigen medis. Kita lagi urus ijin-ijinnya sehingga dari pabrik ini kita bisa hasilnya 60 tabung tiap hari untuk kebutuhan kita di rumah sakit perusahaan Tembagapura dan Kuala Kencana,” jelas dia.

Dia menerangkan trend dalam sebulan terakhir manajemen dan petugas medis lebih agresif setelah hasil antigen dinyatakan positif langsung isolasi bahkan dirawat hingga sembuh.

Kapasitas tempat tidur yang terisi saat ini mencapai 60 persen di Tembagapura dan juga 60 persen di Klinik Kuala Kencana.(mar)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.