BERITA UTAMAMIMIKA

Setelah Bongkar Median Jalan, Dishub Mimika Bangun 2 Bundaran Darurat di Jl. Yos Sudarso

cropped cnthijau.png
8
×

Setelah Bongkar Median Jalan, Dishub Mimika Bangun 2 Bundaran Darurat di Jl. Yos Sudarso

Share this article
Bundaran di Pasar Swadaya.
Bundaran di Pasar Swadaya.

Timika, fajarpapua.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mimika membangun dua bundaran darurat di dua titik Jl. Yos Sudarso, yakni di perempatan Jl. Serui Mekar ke Jl. Bhayangkara dan Jl. Busiri ke Jl. Leo Mamiri.

ads

Pantauan fajarpapua.com, sebelumnya median jalan di Pasar Swadaya dibongkar. Kemudian sekitar pukul 12.56 WIT Dishub membongkar median jalan menuju Jl. Leo Mamiri.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika, Jania Basir kepada fajarpapua.com mengatakan, dua bundaran ini dibangun berdasarkan keluhan dari masyarakat melalui hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama unsur-unsur pemerintahan dan DPRD Mimika.

“Ini hasil dari RDP, kalau memang median jalan mau dibuka harus ada bundaran yang dibangun,” katanya.

Dijelaskan Jania, kepadatan di Jl. Yos Sudarso merupakan dampak dari penerapan One Way di Jl. Budi Utomo sehingga dua bundaran dibangun di Jl. Yos Sudarso yang berfungsi untuk menghubungkan ke semua arah, khususnya pengendara yang hendak putar balik.

“Di bundaran ini bisa menghubungkan ke semua arah bahkan putar balik, bundaran ini sangat membantu sama fungsinya dengan bundaran Timika Indah,” jelas Jania.

Menurutnya, dengan solusi dibangunnya bundaran ini pengendara dapat memperlambat laju kendaraan yang hendak melintas, sehingga mengurangi terjadinya kecelakaan.

“Tidak mungkin kita kasih lampu merah, karena jarak traffic light berdekatan dia akan memicu penumpukan kendaraan,” ujar Jania.

Diungkapkan, pembangunan bundaran ini masih bersifat sementara dalam arti tidak langsung diselesaikan 100 persen, karena belum ada anggaran terkait pembangunan tersebut.

“Belum ada anggaran jadi kita buka sementara saja, nanti kalau sudah ada anggaran kita kasih bagus,” pungkasnya. (rul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *