BERITA UTAMAMIMIKA

Apakah Vaksin Covid yang Diterima Ribuan Warga Mimika Efektif Melawan Varian Delta? Ini Kata Pihak Sinovac

cropped cnthijau.png
15
×

Apakah Vaksin Covid yang Diterima Ribuan Warga Mimika Efektif Melawan Varian Delta? Ini Kata Pihak Sinovac

Share this article
Warga Timika sedang divaksin
Warga Timika sedang divaksin

Kemampuan vaksin sinovac yang diterima sebagian warga Mimika dalam menangkal varian virus paling berbahaya, varian delta banyak dipertanyakan warga. Apalagi banyak pasien yang terkena covid sebelumnya sudah divaksin sinovac.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

 Tidak hanya di Mimika, pertanyaan serupa juga diungkapkan penerima vaksin asal Cina tersebut.
Menanggapi hal itu, Sinovac mengatakan pada Selasa (22/6) lalu, vaksin COVID-19 buatan mereka memang tidak bisa memberikan perlindungan 100% terhadap virus corona baru.
Tetapi, perusahaan asal China itu menegaskan kepada Global Times, vaksin Sinovac bisa mengurangi gejala infeksi dan secara efektif mencegah kematian akibat COVID-19. 
Pernyataan Sinovac itu merespons laporan yang menyebutkan 308 tenaga medis di Indonesia terinfeksi COVID-19, meski telah divaksinasi dengan dia dosis vaksin Sinovac.

Meski begitu, Wei Sheng, profesor di School of Public Health of Tongji Medical College of Huazhong University of Sciences and Technology, menyebutkan, menurut hasil uji coba terbaru, vaksin Sinovac efektif melawan varian Delta. 

Dan, mengacu pengalaman pencegahan dan pengendalian epidemi di Guangzhou, risiko penyakit parah sangat berkurang terhadap mereka yang sudah divaksin dibanding yang belum mendapat vaksin.

“Ini menunjukkan, vaksin bersifat protektif,” kata Wei dalam sebuah wawancara dengan CCTV pada Senin (21/6).

Pakar kesehatan China terus menyerukan langkah-langkah protokol kesehatan yang ketat meskipun sudah divaksinasi. Sebab, itu adalah metode terbaik untuk mencegah penularan virus.
Indonesia menggunakan vaksin Sinovac untuk program vaksinasi nasional yang bergulir sejak Januari lalu.(red/net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *