BERITA UTAMAMIMIKA

Koramil Bersama Kepolisian dan Dinkes Kabupaten Mimika Laksanakan Tracing Covid-19 di Inauga

cropped cnthijau.png
7
×

Koramil Bersama Kepolisian dan Dinkes Kabupaten Mimika Laksanakan Tracing Covid-19 di Inauga

Share this article
20210626 101328
Ilustrasi penderita Covid 19 Varian Delta

Timika, fajarpapua.com – Koramil 1710-02/Timika bersama kepolisian dan Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika mulai melaksanakan tracing terhadap warga Kelurahan Inauga yang memiliki contak erat dengan oaduen positif Covid-19.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Babinsa Koramil 1710-02/Timika, Serma Eko Yudianto menyatakan, tracing dilakukan kepada beberapa warga yang diketahui memiliki kontak dengan pasien Covid-19.

Selain itu juga dilakukan pemeriksaan swab serta penyemprotan disinfektan di rumah orang yang melakukan kontak erat dengan pasien.

“Fungsi tracing sendiri adalah untuk mengidentifikasi riwayat aktivitas pasien yang telah terinfeksi Covid-19 baik berupa waktu, tempat, hingga orang-orang dalam suatu kesempatan tersebut,” ujarnya.

Meski tak berinteraksi langsung dengan pasien yang terinfeksi Covid-19, namun orang-orang tersebut patut menjadi perhatian dan diwaspadai sebagai media penularan.

“Usai mendapatkan pemeriksaan, orang-orang yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien diarahkan untuk melakukan istirahat dan isolasi mandiri. Tim tracing pun akan menempelkan label isolasi mandiri agar masyarakat di sekitar mengetahui kondisi tersebut,” katanya.

Usai melakukan kegiatan tersebut, kedepannya akan dibuatkan surat kepada instansi atau tempat kerja orang yang teridentifikasi untuk diberikan surat istirahat atau isolasi mandiri kemudian melakukan penutupan kepada pemilik usaha yang terpapar Covid-19 serta swab kepada pekerjanya.

“Kegiatan ini akan terus dilaksanakan untuk mengantisipasi dan menekan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Mimika,” imbuhnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *