NASIONAL

Pesawat Kepresidenan dari Biru Menjadi Merah

cropped cnthijau.png
8
×

Pesawat Kepresidenan dari Biru Menjadi Merah

Share this article
Pesawat Kepresidenan Biru
img:google

Fajarpapua.com – Di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Presiden Republik Indonesia (RI) yang ke enam, pesawat kepresidenan berwarna biru dan sempat menuai kontroversi terkait pewarnaan biru pada pesawat.

Alasan Cat Pesawat Kepresidenan Berwarna Biru

Polemik tentang penggunaan warna biru pada pesawat kepresidenan terjadi dikarenakan sebagian pihak menilai penggunaan warna biru adalah karena identitas parpol milik SBY yaitu Partai Demokrat. Kendati demikian pada saat itu pihak sekretariat negara dan juga sebagaimana yang dijelaskan oleh salah satu anak buah Presiden yaitu Sudi, yang mengatakan bahwa Presiden sama sekali tidak terlibat dalam proses pemilihan warna tersebut.

ads

Penggunaan warna biru pada pesawat juga diharapkan sebagai bagian dari kamuflase sebagaimana warna langit adalah biru. tambah Sudi saat ditanya perihal arti warna biru tersebut.

Pergantian Warna Menjadi Merah Putih

Rencana untuk mengganti warna pesawat kepresidenan menjadi warna Merah dan Putih sebenarnya sudah di persiapkan sejak tahun 2019 dan telah disatukan dalam proses pemeliharaan bersama  heli Super Puma dan pesawat RJ.

“Proses pengecatan merupakan pekerjaan satu paket dengan heli Super Puma dan pesawat RJ,” ungkap Heru Budi Hartono selaku  Kepala Sekretariat Presiden.

“Pengecatan ini dipersiapkan dari tahun 2019 untuk dilaksanakan pada tahun 2020 terkait perayaan HUT RI yang ke-75 lalu.” Tambahnya.

Kini pesawat kepresidenan menjadi Merah Putih pun tak luput dari pro kontra baik secara nyata maupun pro kontra yang didasarkan oleh oknum-oknum tertentu guna memanfaatkan berbagai peristiwa untuk menjadi bahan menarik simpatisan pada Pemilu yang akan datang.

Kenapa Pesawat Pada Umumnya Berwarna Putih

Dasar penggunaan warna putih pada pesawat merupakan hal yang lazim dan menjadi fokus standar yang dimiliki beberapa operator terutama operator penerbangan sipil. Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa badan pesawat cenderung berwarna putih:

  • Lebih mudah dalam mendeteksi kerusakan
  • Mengurangi adanya “Bird strikes” atau tabrakan yang terjadi antara burung dan pesawat
  • Memantulkan kembali panas matahari

Di samping itu, terdapat sejumlah alasan ekonomis antara lain, cat berwarna putih tidak memudar dengan mudah akibat pemakaian sehingga akan mengurangi biaya perawatan pesawat.

Masyarakat diharapkan untuk tidak terlalu termakan oleh isu-isu yang dikeluarkan oleh beberapa pihak baik itu ormas, parpol, maupun media yang memanfaatkan isu perubahan warna merah putih untuk dijadikan sekedar bahan menarik simpatisan pada pemilu yang akan datang.

Pihak Sekretariat Negara juga memastikan bahwa pemilihan warna merah putih telah melalui berbagai pertimbangan yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan sajak atau lagu atau bahkan dengan objek “Corona”.

Topik tersebut diada-adakan oleh beberapa pihak yang selalu saja senang membesarkan hal yang biasa saja menjadi bara api di negara ini, termasuk pewarnaan tersebut dikaitkan dengan simbol warna Corona.

Rencana penggunaan warna pesawat kepresidenan menjadi merah putih sudah ada sejak tahun 2019, sebelum wabah corona resmi dinyatakan masuk di Indonesia. Ini menjadi salah satu bukti kuat bahwa pihak yang mengkaitkan warna merah putih pada pesawat kepresidenan Republik Indonesia dengan corona hanyalah mereka yang memandang suatu hal tanpa melihat buktinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *