Pesawat Wings Air dari Timika Mendarat Mulus di Bandara Ewer Asmat, Bakal Layani 2 Kali Seminggu

by -
Pesawat Wings Air landing di Ewer
Pesawat Wings Air landing di Ewer

Timika, fajarpapua.com – Uji landing Pesawat Wings Air tipe ATR 72 dari Bandara Mozes Kilangin Timika menuju Bandar Udara Ewer, Asmat pada Selasa (10/8) siang berjalan mulus.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob S.Sos, MM ketika dikonfirmasi fajarpapua.com, Selasa (10/8) mengemukakan yang ikut dalam uji landing tersebut Bupati Asmat, Otoritas 10 Bandar Udara Merauke, UPBU Mozes Kilangin dan Air Nav Timika.

“Pesawat dari Timika jam 11 siang, tiba setengah duabelas siang di Ewer, mendarat mulus. Semua prosedur dinyatakan layak untuk terbang. Ada tiga pilot, kapten semua. Yang satu observasi dan dua lainnya landing test,” ungkap Wabup JR.

Setelah landing, penumpang dan krew pesawat disambut hangat di Bandara Ewer. Usai melakukan acara singkat, pesawat balik Timika.

“Untuk kapasitas bisa bawa 70 penumpang. Proyeksi penumpang Timika – Asmat banyak. Selama ini penumpang terpaksa pakai kapal motor,” pungkasnya.

Menurut Wabup JR, penerbangan Timika-Amat-Merauke pergi pulang dan pesawat nginap di Timika.

“Ijin dikeluarkan oleh Perhubungan Udara dan disetujui Air Nav untuk slot time. Mereka mulai 1 minggu duakali,” tandasnya.

Dikatakan, kemungkinan besar Pesawat Wings Air terbang perdana mulai dilakukan 20 Agustus 2021.

Menurut Wabup JR, rute Timika, Asmat, Merauke sudah direncanakan sejak lama.

“Dulu Ewer hanya landasan tikar baja diatas lumpur dengan panjang 600 meter dan lebar 18 meter. Tapi sekarang sudah panjang, dibangun infrastruktur beton dengan panjang mencapai 1650 meter dan lebar 30 meter. Ini suatu perkembangan, kemajuan juga kerja keras sekaligus untuk keselamatan penerbangan,” jelasnya.(red/feb)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.