Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Mimika, Bantu Bahan Pembuatan Noken Bagi 80 Mama Papua

by -
Sekretaris DP3AP2 KB Kabupaten Mimika Agustina Rahaded
Sekretaris DP3AP2 KB Kabupaten Mimika Agustina Rahaded

Timika, fajarpapua.com – Untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh mama-mama Papua dalam membuat tas tradisional, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2-KB) Kabupaten Mimika akan membantu penyediaan bahan pembuatan noken.

Sekretaris DP3AP2-KB Kabupaten Mimika, Agustina Rahaded kepada fajarpapua.com, Selasa (10/8) mengatakan bantuan tersebut nantinya akan diserahkan bersamaan dengan pelatihan pembuatan anyaman noken untuk mama-mama Papua.

“Untuk bidang perempuan tahun ini ada program untuk mama-mama buat noken, kita lagi siapkan atribut termasuk berbagai bahan pendukungnya,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Dijelaskan dengan keterbatasan anggaran, bantuan bahan noken serta pelatihan akan dipusatkan di dua distrik dalam kota yaitu Distrik Mimika Baru dan Distrik Wania.

“Kegiatan ini khusus untuk mama-mama Papua, kita akan buat pelatihan di dua distrik, yakni Wania dan Mimika Baru,” jelasnya.

Sedangkan jumlah sasaran penerima, Agustina menjelaskan untuk masing-masing distrik akan diambil 40 orang peserta.

“Jadi total semua 80 peserta, sementara untuk waktu pelaksanaan pelatihan diperkirakan selama 3 hari disetiap wilayah,” katanya.

Sedangkan untuk pelaksanaan kegiatannya, kata Agustina paling lambat dilakukan setelah acara perayaan 17 Agustus.

“Anggaran kita sangat minim, tetapi nantinya kita akan programkan pembuatan sanggar untuk mama-mama Papua,” terangnya. (feb)

INFO IKLAN 0812-3406-8145
PESPARAWI XIII 2021 TANAH PAPUA | PAPUA BARAT JUGA IKUT SERTA DALAM PENYELENGGARAAN PESPARAWI XIII