Mulai Kemarin Wings Air Resmi Terbang Timika-Asmat-Merauke, Bupati Elisa Komentari Dampak Ekonomi

by -
Bupati Asmat Elisa Kambu S.Sos
Bupati Asmat Elisa Kambu S.Sos

Timika, fajarpapua.com – Pemerintah Kabupaten Asmat, Provinsi Papua antusias menyambut dimulainya penerbangan reguler pesawat Wings Air ATR-72 ke Bandara Ewer, Asmat, sejak Jumat kemarin dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah itu.

Bupati Asmat Elisa Kambu di Timika, Jumat, mengatakan setelah beberapa waktu lalu pesawat Wings Air berhasil melakukan uji pendaratan (test landing) di Bandara Ewer maka mulai Jumat siang maskapai grup Lion Air itu melakukan penerbangan perdana mengangkut penumpang dari Timika.

“Hari ini pesawat Wings Air mulai penerbangan perdana mengangkut penumpang dari Bandara Timika ke Bandara Ewer Asmat. Untuk sementara waktu dijadwalkan dua kali seminggu. Kalau jumlah penumpangnya meningkat maka tentu akan ditambah,” kata Bupati Kambu.

Menurut dia, penerbangan pesawat Wing Air ATR-72 rute Timika-Ewer seharusnya berlanjut ke Bandara Moppah Merauke, namun saat ini belum bisa sampai ke Merauke lantaran adanya surat dari Bupati Merauke soal penutupan sementara Bandara Moppah selama pandemi COVID-19.

Bupati Kambu menyebut sejak beberapa tahun lalu Pemkab Asmat didukung oleh Kementerian Perhubungan telah memperpanjang landas pacu Bandara Ewer agar bisa didarati oleh pesawat yang lebih besar sekelas ATR-72 guna memperlancar akses transportasi ke wilayah itu.

Selain perpanjangan landas pacu, juga dibangun gedung terminal penumpang, perluasan tempat parkir pesawat (apron) dan fasilitas pendukung lainnya guna memberikan pelayanan yang jauh lebih maksimal kepada para pengguna jasa angkutan udara.

“Pemda dan masyarakat Asmat berani membangun Bandara Ewer jauh lebih bagus lagi karena kebutuhan agar semakin banyak orang bisa datang ke Asmat. Selama ini orang kesulitan datang ke Asmat karena akses transportasi yang sulit dan terbatas. Dengan penerbangan pesawat yang kapasitas angkutnya lebih besar tentu diharapkan Kabupaten Asmat semakin berkembang,” kata Bupati Kambu yang terpilih kembali untuk periode kedua pada Pilkada Serentak 2020 itu.

Sebagai kabupaten baru dengan berbagai potensi unggulannya terutama di bidang budaya dan seni seperti seni ukir patung Asmat yang sudah terkenal ke seantero dunia, Asmat membutuhkan perhatian dan kunjungan dari banyak orang baik turis, pengusaha dan lainnya.

“Kalau orang banyak datang ke Asmat sudah tentu Mama-mama Papua punya hasil kepiting, anyaman, ukiran dan lain-lain bisa dibeli dengan harga yang bagus. Demikian pun tempat penginapan, restoran, di Asmat (Kota Agats) pasti akan mendapat pemasukan. Dengan demikian sudah tentu perputaran ekonomi juga bisa semakin lebih baik di Asmat,” kata Bupati Kambu.

Sebelum pengoperasian pesawat Wings Air ATR-72, penerbangan ke Bandara Ewer baik dari Timika maupun dari Merauke hanya bisa dilayani dengan pesawat jenis Twin Otter atau Cesna Grand Caravan dengan kapasitas angkut penumpang maksimal belasan orang.(ant/red)
 

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.