Pemda Mimika dan YPMAK Seragamkan Data Penerima Beasiswa, Sekda Gomar: Agar Tidak Terjadi Tumpang Tindih Pembiayaan

by -
Michael Gomar
Michael Gomar

Timika, fajarpapua.com – Pemda Mimika dan Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) akan merekonsiliasi data mahasiswa penerima beasiswa yang ada disejumlah kota studi.

Dengan langkah ini nantinya bisa didapatkan data akurat yang memudahkan Pemda Mimika dan pihak YPMAK dalam mengambil kebijakan terkait dengan bantuan pendidikan yang diberikan kepada para mahasiswa.

“Rekonsiliasi data ini dilakukan agar tidak terjadi tumpang tindih tanggung jawab dan pembiayaan antara Pemerintah Kabupaten Mimika dan YPMAK dalam menyalurkan beasiswa kepada mahasiswa,” ujar Sekda Mimik,. Michael R Gomar kepada fajar Papua.com, pekan kemarin.

Apalagi kedepannya, program beasiswa yang dikeluarkan oleh pemerintah Provinsi Papua maupun kabupaten/kota harus berdasarkan hasil seleksi dan juga hanya diberikan kepada mahasiswa yang menempuh pendidikan di kampus yang telah memiliki memorandum of understanding (MoU).

“Tahun depan, pemerintah tidak menerima proposal dari mahasiswa untuk bantuan biaya-biaya. Semua bantuan yang akan diberikan kepada mahasiswa yang mengikuti seleksi, lulus dan kuliah di kampus yang sudah memiliki MoU dan perjanjian kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Mimika,” tegasnya.

BACA JUGA:  Lensa Foto, YPMAK Sosialisasi Program Kampung dan Pembentukan Pokja di Tiga Kampung di Lembah Waa yakni kampung Banti I, Banti II dan Kampung Opitawak.

Untuk saat ini lanjut Sekda Gomar, sudah ada beberapa kampus yang telah memiliki MoU, salahsatunya STIPAN dan yang di luar negeri ada universitas di California, Amerika Serikat.

Sedangkan kampus yang belum ada MoU dengan petintah daerah kebanyakan kampus yang berada disejumlah provinsi di Pulau Jawa.

“Diharapkan tahun depan dapat dibenahi dan semua didata kembali, sehingga ada tanggung jawab yang mengikat antara Pemerintah Kabupaten Mimika dan juga pihak kampus,” jelasnya.

Selain itu Sekda Gomar, berharap kedepan para mahasiswa yang menjadi tanggung jawab Pemda Mimika secara rutin harus menyampaikan laporan dan pihak kampus juga menginformasikan tentang keaktifan mahasiswa.

Laporan itu ujar Sekda Gomar, akan menjadi dasar pemerintah untuk membiayai pendidikan mereka dan juga untuk pengawasan mahasiswa yang ada di setiap kampus.

“Kami berharap mahasiswa yang diberikan bantuan pendidikan oleh Pemerintah Kabupaten Mimika dapat memanfaatkan dengan baik dan memberikan hasil yang baik pula,” harap Sekda Gomar. (feb)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.