Peningkatan Capacity Building, Jelang Tahun Politik Tahun 2024 Pengurus dan Kader Parpol Harus Banyak Belajar

by -
Kepala Badan Kesbangpol Mimika Yan Selamat Purba
Kepala Badan Kesbangpol Mimika Yan Selamat Purba

Timika, fajarpapua.com – Meski menjadi salahsatu tugas pemerintah, namun Pengurus dan kader partai politik (Parpol) harus mampu meningkatkan capacity building.

Apalagi menjelang Tahun Politik 2024 mendatang, peningkatan Capacity building dinilai sebagai suatu proses yang dapat meningkatkan kemampuan seseorang, suatu organisasi atau suatu sistem untuk mencapai tujuan-tujuan yang dicita-citakan.

Terkait hal ini, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Mimika juga akan mengusulkan anggaran di Tahun 2022 untuk kegiatan peningkatan capasity building pengurus dan kader partai politik (parpol) dan ormas di Kabupaten Mimika.

Kepala Badan Kesbangpol Mimika, Yan Selamat Purba kepada fajar Papua.com, mengatakan Pemda Mimika sebagai pembina politik berkewajiban melakukan pembinaan dan peningkatan pengetahuan tentang peran parpol dalam era reformasi saat ini.

“Pengurus dan kader partai harus belajar lebih banyak tugas dan peran sesuai visi misi Parpol masing-masing. Kesbangpol hanya memfasilitasi hal yang bersifat umum,” ujarnya.

Mestinya lanjut Purba, menjelang Tahun Politik 2024 mendatang Parpol sudah membekali kadernya dengan pengatahuan khusus dari partai masing-masing.

“Terkait pembinaan kader merupakan tanggungjawab partai politik dan pemerintah tidak akan menyentuh hingga ranah itu. Apalagi menjelang tahun politik, seharusnya kegiatan peningkatan kapasitas kader ditingkatkan,” ujarnya.

Selain itu Parpol lanjutnya, harus berperan menjadi mitra pemerintah dalam menyiapkan kader-kader terbaik yang kelak akan menjadi anggota legislatif di lima tahun mendatang. (mar)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.