Tokoh Mengeluh Satu Arah Jalan Budi Utomo Tidak Beri Dampak Positif, Dishub Mimika Hanya Bergeming

by -
Situasi perempatan Jalan Hasanuddin Budi Utomo Senin sore
Situasi perempatan Jalan Hasanuddin Budi Utomo Senin sore

Timika, fajarpapua.com – Tokoh masyarakat Mimika yang juga warga Kartini Ujung, Arnolis Ronsumbre mengeluhkan pemberlakuan satu arah Jalan Budi Utomo yang dinilainya tidak memberi dampak positif.

Dia meminta agar penerapan dibatalkan dan dievaluasi kembali setelah PON XX dan Pesparawi XIII Setanah Papua.

banner 300250

Sebelumnya, pemberlakuan one way di Jl. Budi Utomo bertujuan menghindari kemacetan lalu lintas selama event besar PON XX dan Pesparawi. Namun yang terjadi sekian lama diberlakukan justru menimbulkan kemacetan ruas jalan Yos Sudarso dan membuat Jalan Budi Utomo lengang.

Selain itu, para pengendara juga terpaksa memilih jalan lorong kecil yang padat penduduk sebagai jalan pintas.

Arnolis Ronsumbre yang juga Pembina Yayasan Kemanusiaan Anti Kekerasan (Yamak) kepada fajarpapua.com Kamis (24/9) mengatakan, program Dinas Perhubungan Mimika tentang pemberlakuan one way di Jl. Budi Utomo tidak memberi solusi bagi peningkatan ekonomi warga ruas Jln Yos Sudarso sebagaimana alasan dinas tersebut.

“Tentang program Pemerintah melalui Dinas Perhubungan tentang jalan satu arah, selaku tokoh masyarakat kami sangat setuju dan mendukung program tersebut hanya saja program tersebut tidak mempengaruhi kemacetan di Kota Timika dan efek ekonomi juga tidak ada,” kata Arnolis.

Diungkapkan, kemacetan arus lalulintas justru berdampak ke jalur pintas di sekitar Jl. Budi Utomo. Jl. Yos Sudarso.

“Sebagai masukan ke Pemda Mimika melalui Dinas Perhubungan, jika tidak keberatan akses satu arah bisa di lakukan setelah kegiatan PON XX dan Pesparawi, terimakasih,” pungkas Arnolis.

Namun sejauh ini, uji petik ruas jalan tersebut yang semestinya berakhir 7 Agustus, tanpa melalui ujicoba, ruas kebijakan satu arah ruas jalan Budi Utomo tetap diterapkan.

Bahkan Dinas Perhubungan Mimika bergeming dan tidak menghiraukan keluhan warga dan pedagang di Budi Utomo yang incomenya terjun bebas usai kebijakan satu arah diberlakukan.(rul)

INFO IKLAN 0812-3406-8145 A valid URL was not provided.