BERITA UTAMAPAPUA

Gubernur Papua Minta Kepala Daerah Pantau Efektifitas Anggaran Berkala

cropped cnthijau.png
5
×

Gubernur Papua Minta Kepala Daerah Pantau Efektifitas Anggaran Berkala

Share this article
Gubernur Papua Lukas Enembe
Gubernur Papua Lukas Enembe

Jayapura, fajarpapua.com – Gubernur Papua Lukas Enembe meminta kepala daerah di wilayahnya untuk melakukan pemantauan efektifitas kegiatan dan anggaran secara berkala secara bulanan atau triwulan.

 “Hal ini untuk meyakini semua program kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah berjalan maksimal serta terus melakukan perbaikan,” kata Lukas di Jayapura, Rabu. 

ads

Menurut Lukas, kepala daerah juga diminta memperbaiki koordinasi dan sinergi baik antar kementerian atau lembaga, antar pemerintah daerah maupun antara pemerintah pusat dan daerah sehingga target output kegiatan pembangunan dapat dicapai dengan efektif juga efisien. 

“Kepala daerah juga harus memastikan alokasi anggaran difokuskan pada kegiatan utama, yang langsung dirasakan masyarakat,” ujarnya. 

Dia menjelaskan kepala daerah juga diminta melakukan pembatasan dan penghematan belanja pendukung seperti biaya rapat, perjalanan dinas serta honorarium. 

“Kepala daerah diminta menghilangkan penyalahgunaan anggaran, baik dalam bentuk pemborosan, mark up, maupun perbuatan menyimpang lainnya,” ujarnya. 

Dia menambahkan pimpinan instansi misalnya, harus ikut serta dalam melakukan pengawasan serta mengoptimalkan dukungan aparat pengawas intern di masing-masing kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah. 

“Kepala daerah sebaiknya melakukan sosialisasi dan komunikasi kepada publik mengenai kegiatan, anggaran dan hasil-hasil output yang dicapai, sehingga masyarakat mendapatkan informasi utuh serta benar mengenai program kerja pemerintah juga hasilnya,” katanya.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *