BERITA UTAMAPAPUA

Disperindagkop Papua Bangkitkan Perekonomian di Wilayahnya Lewat UMKM

cropped cnthijau.png
4
×

Disperindagkop Papua Bangkitkan Perekonomian di Wilayahnya Lewat UMKM

Share this article
epala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Provinsi Papua Laduani Ladamay
epala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Provinsi Papua Laduani Ladamay

Jayapura, fajarpapua.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM setempat mendorong kebangkitan perekonomian di wilayahnya melalui keberadaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM Provinsi Papua Laduani Ladamay di Jayapura, Senin, mengatakan selama pandemi COVID-19 terbukti bahwa kekuatan ekonomi nasional ada pada UMKM. “Kami harapkan dengan pandemi yang belum berakhir, masing-masing daerah dapat mempersiapkan produk-produk unggulannya lalu diseleksi dan diikutsertakan dalam SMESCO (Small and Medium Enterprises and Cooperatives),” katanya.

ads


 Menurut Laduani, SMESCO menjadi salah satu lembaga yang menampung produk-produk unggulan daerah yang berpotensi untuk dikembangkan dan dapat membantu bangkitnya perekonomian masyarakat. “Dalam SMESCO terdapat salah satu program yang dibuat pemerintah yakni mengurangi beban logistik yang bermanfaat bagi daerah-daerah dengan banyak produk unggulan,” ujarnya. 

Dia menjelaskan ke depannya, produk-produk unggulan daerah tersebut biaya logistiknya akan disubsidi negara, dan di SMESCO akan dipasarkan dan mempunyai daya saing yang baik.


 “Kami berharap program ini akan berjalan di 2022 sehingga dapat merangsang UMKM-UMKM dan koperasi di daerah untuk bangkit menghasilkan produk-produk yang ke depan pasarnya bukan saja lokal namun juga nasional bahkan bisa saja mendunia,” katanya.

 Dia menambahkan sehingga kini pihaknya juga mendorong pemasaran secara digital, untuk itu Disperindagkop Papua melakukan pembinaan kelompok-kelompok anak muda untuk bangkit dan masuk ke dunia bisnis.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *