BERITA UTAMAPAPUA

Pendidikan Pembentukan Bintara Polri, Siapkan SDM Kepolisian yang Unggul di Era Police 4.0

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
5
×

Pendidikan Pembentukan Bintara Polri, Siapkan SDM Kepolisian yang Unggul di Era Police 4.0

Share this article
Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto saat membuka pendidikan Bintara Polri Di SPN Polda Papua.
Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto saat membuka pendidikan Bintara Polri Di SPN Polda Papua.

Jayapura, fajarpapua.com- Wakapolda Papua Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto pada Selasa (8/2) membuka pendidikan Bintara Polri 2022 Gelombang I yang berlangsung di SPN Polda Papua, Jayapura.

ads

Dalam amanatnya, Wakapolda Papua mengatakan program pendidikan pembentukan Bintara dan Tamtama Polri pada Tahun Anggaran 2022 diselenggarakan dalam dua gelombang dengan lama pendidikan setiap gelombang selama 5 bulan.

Gelombang I diselenggarakan secara serentak di Sepolwan Bandung, Pusdik Brimob dan Pusdik Polair, Lemdiklat Polri serta di 29 Sekolah Polisi Negara Polda se-Indonesia dengan jumlah peserta didik sebanyak 11.175 orang.

Dari jumlah tersebut, Diktuk Bintara pria sebanyak 10.228 orang, Diktuk Bintara wanita sebanyak 307 orang serta Diktuk Tamtama, yang terdiri dari Tamtama Brimob sebanyak 1.614 orang dan Tamtama Polair sebanyak 140 orang.

“Sesuai dengan kebijakan Kapolri dalam transformasi Polri yang presisi, pendidikan menjadi aspek penting dalam mempersiapkan SDM Polri yang unggul di era police 4.0,” tegasnya.

Dengan demikian, akan menciptakan SDM Kepolisian yang mampu menjawab tantangan kekinian di era digitalisasi serta tuntutan pelayanan masyarakat yang semakin tinggi.

Brigjen Eko Rudi Sudarto menegaskan, pendidikan pembentukan ini menjadi penting karena para Bintara dan Tamtama merupakan garda terdepan dalam memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

Diungkapkan pula, kemampuan dan perilaku para Bintara dan Tamtama di lapangan akan menentukan wajah Polri dan tingkat kepercayaan masyarakat kepada kepolisian.

“Proses pendidikan yang relatif singkat ini harus dirancang secara baik dan benar, dengan prinsip mengutamakan kualitas dan memberikan porsi yang lebih besar kepada kegiatan praktek kerja lapangan,” ucapnya.

Brigjen Eko Sudarto juga menekankan kepada para siswa agar selalu disiplin dan patuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan kampus Polri.

“Ikuti semua proses pendidikan dengan tekun, penuh semangat dan selalu riang gembira, serta tanamkan tekad dan motivasi yang kuat bahwa selama berada di lembaga pendidikan adalah untuk belajar, berlatih dan menempa diri,” harapnya. (hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *