BERITA UTAMANASIONALPAPUA

Dari Peringatan HUT Basarnas ke-50, Personel SAR Diminta Tingkatkan Profesionalisme

cropped cnthijau.png
10
×

Dari Peringatan HUT Basarnas ke-50, Personel SAR Diminta Tingkatkan Profesionalisme

Share this article
Personel SAR Jayapura saat mengikuti upacara di Kantor SAR Jayapura.
Personel SAR Jayapura saat mengikuti upacara di Kantor SAR Jayapura.

Jayapura, fajarpapua.com- Peringatan hari ulang tahun (HUT) Basarnas ke-50, yang jatuh pada Selasa (1/3) dilaksanakan secara sederhana mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Upacara HUT Basarnas ke 50 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan mengadakan upacara dan syukuran termasuk di Kantor Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jayapura.

Ads

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jayapura, Sunarto meminta jajaran meningkatkan profesionalitas dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan terutama dalam memberikan pertolongan ketika ada bencana.

“Semua personel Basarnas Jayapura harus tetap semangat menjaga profesionalisme agar bisa menghasilkan pekerjaan yang optimal,” ujar Sunarto.

Ia mengatakan bahwa Pimpinan Basarnas Pusat telah menginstruksikan kepada jajaran dibawahnya untuk tetap menumbuhkan semangat yang tinggi dalam menghadapi tantangan kedepan yang semakin kompleks.

“Pimpinan minta kepada seluruh pegawai yang ada di lingkungan Basarnas berintegritas terhadap tugas-tugas yang dilaksanakan dan menjadi tanggung jawabnya,” ujar Sunarto.

Terkait hal itu lanjut Sunarto, personel Basarnas Jayapura terus berupaya meningkatkan kompetensi dengan berkoordinasi dengan potensi SAR untuk menyiasati keterbatasan sumber daya manusia yang ada.

“Budaya SAR sangat penting dipahami oleh seluruh personel. Dengan pemahaman yang komprehensif terkait SAR di masyarakat, maka jatuhnya korban dapat kita minimalisir. Budaya SAR berkaitan erat dengan semangat gotong royong yang menjadi ciri khas tradisi bangsa Indonesia,” jelasnya.

Sunarto menegaskan, seluruh masyarakat terutama potensi SAR harus memikiki kesadaran bersama, bahwa kondisi kedaruratan dapat terjadi kapan saja, dimana saja, dan dapat menimpa siapa saja.

“Kondisi tersebut sebagai konsekuensi logis dari geografis, geologis, dan hidrografis wilayah NKRI yang memiliki potensi rawan terhadap bencana,” tuturnya.

Seperti diketahui dalam rangka HUT emas ke 50 Basarnas, Kantor SAR Jayapura telah menggelar serangkaian aksi bakti sosial. Salah satunya melakukan penanaman pohon, donor darah dan kegiatan lainnya yang berlangsung pekan lalu. (hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *