BERITA UTAMANASIONAL

Hujan Lebat Berpeluang Mengguyur Sebagian Besar Provinsi

cropped cnthijau.png
6
×

Hujan Lebat Berpeluang Mengguyur Sebagian Besar Provinsi

Share this article
Ilustrasi hujan
Ilustrasi hujan

Jakarta, fajarpapua.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini mengenai peluang hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah provinsi di Indonesia pada Senin.

Menurut peringatan dini cuaca yang disampaikan BMKG, hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di bagian wilayah Provinsi Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Bagian wilayah Provinsi Lampung, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Utara, dan Sumatra Selatan juga berpeluang mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati sebelumnya menyatakan bahwa wilayah Nusa Tenggara, Bali, dan sebagian Jawa diprakirakan memasuki musim kemarau pada April 2022 sedangkan sebagian Bali, Jawa, Sumatera, Kalimantan, Maluku dan Papua kemungkinan memasuki musim kemarau pada Mei 2022.

Selain itu ada bagian wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua yang memasuki musim kemarau pada Juni 2022.

Kondisi cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai petir dan angin kencang serta hujan es berpeluang terjadi pada masa peralihan dari musim atau pancaroba.(ant)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *