BERITA UTAMAPAPUA

Bukan Pesawat Asian One Air, Ternyata KKB Berondong Tembakan ke Arah Pos Runway 25 Satgas Lanud Ilaga

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

Bukan Pesawat Asian One Air, Ternyata KKB Berondong Tembakan ke Arah Pos Runway 25 Satgas Lanud Ilaga

Share this article
Bukit Teletabis di Sebelah Bandara Aminggaru, Ilaga.
Bukit Teletabis di Sebelah Bandara Aminggaru, Ilaga.

Timika, fajarpapua.comKelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Jumat (13/5) memberondong tembakan ke arah Pos Runway 25 Satgas Lanud Kopasgat BKO Kodam XVII/Cenderawasih Bandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak.

Terungkap, aksi penembakan yang melibatkan 10 orang lebih anggota KKB tersebut dibawah komando Titus Murib.

ads

Dalam laporan lapangan yang diterima fajarpapua.com, Jumat (14/5) menyebutkan, pada pukul 09.28 WIT, bertempat di Bandara Aminggaru Ilaga, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak telah terjadi aksi penembakan sebanyak 4 kali yang mengarah ke Pos Runway 25 Satgas Lanud Ilaga.

Arah penembakan berasal dari Bukit Teletabis sekitar CO 53M 791753 9559636 Kampung Eromaga, Distrik Omukia dengan perkiraan jarak sekitar 600 meter dari Bandara Aminggaru Ilaga.

Selanjutnya pukul 09.27 WIT, Pesawat Asian One dengan nomor penerbangan PK-LTG membawa kargo dari Bandara Mozes Kilangin Timika, Kabupaten Mimika landing di Bandara Aminggaru Ilaga.

Pada pukul 09.28 WIT, terjadi aksi penembakan sebanyak 4 kali yang mengarah ke Pos Runway 25 Lanud Ilaga oleh KKB pimpinan Titus Murib.
Selanjutnya personel Satgas Lanud Ilaga melakukan tembakan balasan sehingga terjadi kontak tembak.

Akhirnya pukul 09.34 WIT, Pesawat Asian One dengan nomor penerbangan PK-LTG membawa kargo yang telah landing di Bandara Aminggaru Ilaga kembali menuju Bandara Mozes Kilangin Timika, dan tidak sempat melakukan bongkar muat barang karena situasi yang tidak memungkinkan.

Personel Lanud memantau 10 orang dengan membawa 2 pucuk senjata laras panjang berada di seputaran Bukit Teletabis. Sebanyak 40 Personel Satgas Damai Cartenz dipimpin oleh Kompol Wugar Hadi melaksanakan pengejaran di Bukit Teletabis.

Disusul sebanyak 18 Personel Gabungan dari Satgas Elang III Pos Puncak dan Unit Intel Kodim Satgas Mandala II Pos Ilaga dipimpin oleh Lettu Inf Sugiharto (Danunit 1 Intel Kodim Satgas Mandala II) bergerak dari Kota Ilaga menuju Bukit Teletabis guna melaksanakan perbantuan serta pemantauan.

Dua jam kemudian, pukul 12.15, terpantau 4 orang KST dengan membawa 1 pucuk laras panjang (diperkirakan senjata mouser dengan teleskop) berjalan mengarah ke kampung Kunga dengan jarak sekitar 1,2 Km dari kedudukan tim. Dilontarkan beberapa kali tembakan dengan menggunakan senjata AX 308, terpantau 4 orang KST tersebut berlari menjauh ke arah Kampung Kunga.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *