BERITA UTAMAPAPUA

Masyarakat Adat Nabire Hibahkan 75 Hektar Lahan Pembangunan Kantor Gubernur Papua Tengah, JWW: Saya Puas Dengan Kesiapan Nabire

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Masyarakat Adat Nabire Hibahkan 75 Hektar Lahan Pembangunan Kantor Gubernur Papua Tengah, JWW: Saya Puas Dengan Kesiapan Nabire

Share this article
IMG 20220725 WA0042
Foto: Istimewa Wamendagri Jhon Wempi Wetipo saat meninjau persiapan pembangunan Kantor Provinsi Papua Tengah.

Jayapura, fajarpapua.com- Masyarakat Adat Wate di Kabupaten Nabire menghibahkan lahan seluas 75 hektar untuk digunakan pembangunan Kantor Gubernur Papua Tengah.

Penyerahan hibah tanah itu disampaikan langsung kepada Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Watipo (JWW) disela-sela pertemuan dengan perwakilan Kabupaten yang berada di wilayah Provinsi Papua Tengah, Senin (25/7) di Nabire.

ads

JWW mengatakan pemberian lahan oleh masyarakat adat ini sebagai dukungan dan bukti tingginya antusias untuk mempercepat proses pembentukan daerah otonomi baru di Papua Tengah.

“Dukungan dari masyarakat untuk mempercepat pembangunan DOB, ini diluar dari dugaan, kami tim dari Jakarta tidak memikirkan kesiapan seperti ini. Ini diluar dugaan kami termasuk rumah Dinas Bupati Nabire yang nantinya digunakan Pj.Gubernur Provinsi Papua Tengah,” kata Wamendagri saat meninjau lokasi pembangunan Kantor Gubernur Papua Tengah yang terletak di Karadiri II Distrik Wanggar.

Wempi mengatakan kesiapan pembangunan kantor gubernur tersebut akan menjadi dasar yang kuat untuk menjalankan pelayanan publik di wilayah Papua Tengah.

“Jujur, saya bersama tim yang datang ini sangat puas sekali, apalagi sambutan dan antusiasme masyarakat Nabire yang sangat luar biasa. Ini menjadi spirit bagi kami untuk menggerakkan program pembangunan,” tandasnya.

Dengan kesiapan tersebut, lanjut dia, pihaknya optimis proses pembangunan dapat berjalan baik sebab, dengan adanya dukungan dari masyarakat.

“Bagi kami, jika masyarakat sudah mendukung. Pemerintah harus suport agar semua proses dapat berjalan dengan baik,” tandanya.

Ditempat yang sama, Asisten I Bidang Pemerintahan Sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa, mengapresiasi dan mendukung pembentukan tiga DOB di Papua.

“Oleh sebab itu, kita sama-sama datang ke Nabire untuk melihat perkembangan bagaimana dan antusias masyarakat mendukung pemekaran,” tandasnya.

Dikatakan, setelah melihat langsung ternyata kemauan masyarakat sangat besar untuk menerima provinsi ini.

“Kami mengharapkan kedepan semua masyarakat di Papua Tengah ini bersatu untuk memajukannya,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, dirinya mengapresiasi Wakil Menteri Dalam Negeri John Wempi Watipo yang telah melakukan penyerahan aset dan meninjau lokasi pembangunan Kantor Gubernur Papua Tengah.

“Kami harap masyarakat Papua bersatu untuk membangun diri kita pada tiga DOB tersebut,” katanya lagi.

Ditambahkan, setelah melakukan kunjungan di Nabire, akan dilanjutkan ke Jayawijaya dan Merauke.

“Kita akan lanjutkan ke Jayawijaya dan Merauke mudah-mudahan tiga provinsi ini benara-benar aksebelitas untuk sama-sama membangun diri menuju kesejahteraan masyarakatnya terutama orang asli Papua,”tuturnya. (hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *