BERITA UTAMAMIMIKA

Peringati Hari Noken ke 10 Tahun 2022, FKUB Mimika dan Pelaku UMKM Gelar Doa dan Syukuran

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
7
×

Peringati Hari Noken ke 10 Tahun 2022, FKUB Mimika dan Pelaku UMKM Gelar Doa dan Syukuran

Share this article
IMG 20221207 WA0019
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mimika menggelar doa syukuran Peringatan Hari Noken ke 10 bersama Pelaku UMKM di hotel 66

Timika, fajarpapua.com – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Mimika menggelar doa syukuran Peringatan Hari Noken ke 10 bersama Pelaku UMKM serta Paguyuban se Kabupaten Mimika yang berlangsung di Hotel 66 Cenderawasih Timika, Rabu (7/12).

Ketua FKUB Mimika Ignatius Adii mengatakan pihaknya ikut mengambil bagian ini melalui UMKM salah satunya Noken yang sudah mendunia.

ads

Dikatakan peringatan Hari Noken Sedunia ke 10 Tahun 2022 yang sebenarnya diperingati setiap 4 Desember itu menjadi hari mama mama yang selalu berjuang dan tak lepas dari Noken.

“Hari ini spesial pemerintah sediakan waktu kami sediakan waktu hari ini kalian punya hari mama mama noken, diantara anyaman noken mama juga sebagai suara malaikat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, FKUB memfasilitasi UMKM bertemu pemerintah daerah dan KADIN untuk memberikan informasi dan memberikan jalan agar dapat mengikuti perkembangan yang ada.

“Nilai noken itu tinggi, sehinggs 4 Desember 2012 didaftarkan ke UNESCO noken menjadi warisan budaya yang bernilai ekonomi dan tinggi,” katanya.

“Ada yang anaknya bisa sampai kuliah, sekolah tinggi itu juga hasil dari jualan Noken, Manusia Merencanakan tapi Tuhan yang menentukan,” lanjutnya.

Sehingga, bagi orang Papua Noken merupakan salah satu komoditi nilai ekonomi yang harus dikembangkan dan ditangani serius terutama oleh Pemerintah Daerah.

Sementara, Asisten 1 Setda Mimika Paulus Dumais mewakili Plt Bupati Mimika mengajak semua pihak agar bersama-sama melestarikan Noken yang salah satu warisan budaya Dunia.

Dikatakan Pemerintah Daerah akan terus selalu melestarikan Noken yang merupakan budaya orang Papua.

“Di Mimika banyak sekali mama mama Papua perajut Noken dengan mandiri dan itu yang perlu diperhatikan Pemerintah,” katanya.

Dikatakan juga Pemerintah mendorong UMKM Mimika terkhusus untuk Orang Asli Papua agar selalu dapat bersaing dengan menjual atau mempromosikan hasil karya salah satunya Noken.

“Ini perlu diperhatikan agar masyarakat bagaimana dapat mudah memasarkan dan dapat mempromosikan hasil karyanya sebagai oleh oleh khas Mimika bagi orang yang berkunjung ke Mimika,” pungkasnya. (zad)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *