BERITA UTAMAMIMIKA

Ciptakan Sekolah Sentra Pendidikan jadi Ikon Kabupaten Mimika, Plt. Bupati akan Rubah Manajemen Pengelolaannya

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
19
×

Ciptakan Sekolah Sentra Pendidikan jadi Ikon Kabupaten Mimika, Plt. Bupati akan Rubah Manajemen Pengelolaannya

Share this article
IMG 20230116 WA0018
Plt. Bupati Mimika Johannes Rettob didampingi Kadis Pendidikan saat meninjau kondisi asrama di Sekolah Sentra Pendidikan.Foto: Febri

Timika, fajarpapua.com – Plt. Bupati Mimika Johannes Rettob pada Senin (16/1) mengunjungi Sekolah Sentra Pendidikan yang terletak di Jalan Poros SP 5, Kelurahan Timika Jaya, Distrik Mimika Baru.

Kedatangan Plt. Bupati Mimika tersebut sekaligus dalam rangka pembukaan pembelajaran sekolah berpola asrama SD, SMP, dan SMA Sentra Pendidikan dan pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan belajar mengajar dari 50 persen menjadi 100 persen.

Klik iklan untuk info lebih lanjut

Kunjungan diawali dengan melaksanakan Apel Gabungan bersama Kepala Sekolah dan Guru-guru di Kabupaten Mimika.

Selanjutnya Plt. Bupati mengecek kondisi asrama yang ada di Sekolah Sentra Pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP dan SMA.

Usai meninjau kondisi asrama, Plt. Bupati mengatakan Sekolah Sentra Pendidikan harus betul-betul diperhatikan.

Selama ini lanjutnya, ia menilai sekolah yang didirikan untuk menampung anak-anak asli Papua dalam mengenyam pendidikan itu selama ini masih jauh dari perhatian pemerintah daerah.

Hal ini terlihat dari banyaknya fasilitas yang masih kurang, bahkan beberapa diantaranya perlu perbaikan seperti fasilitas air bersih yang tidak memadai, listrik dan fasilitas lainnya.

“Kurang perhatian. Kita harus punya tujuan yang fokusnya bagaimana Sekolah Sslentra Pendidikan ini menjadi satu icon kita baik dari kualitas pengajar, kualitas siswa, tata cara pembelajaran serta memiliki kompleks yang terstruktur,” ujar Plt Bupati Mimika.

Menurutnya, dirinya akan meminta organisasi perangkat daerah terkait terutama Dinas Pendidikan Kabupaten Mimika untuk merubah serta memperbaiki manajemen Sekolah Sentra Pendidikan.

“Manajemen pengelolaannya harus kita rubah, karena saat ini kan masih bergabung antara manejemen sekolah dan manajemen asrama. Masih orang yang sama, saya kira harus rubah,” katanya.

Selain itu ujar Plt. Bupati Mimika juga akan dilakukan perbaikan serta pemeliharaan sejumlah fasilitas seperti kebutuhan air, listrik, pagar, jalan raya jika hal itu semuanya dapat terlaksana maka anak-anak bisa betah tinggal.

“Termasuk ruang makan juga perlu dilengkapi dengan fasilitas mebel yang selama ini memang tidak pernah ada. Ini perlu kita perhatikan. Butuh keseriusan dan butuh tanggungjawab,” paparnya.

“Dinas pendidikan tidak bisa bekerja sendiri, tapi mungkin dibutuhkan kolaborasi beberapa OPD, ini harus kolaborasi,” katanya.

“Kalau kita lihat masih kurang banyak yang harus kita benahi. Kalau kita mau buat asrama harus betul-betul seperti pola asrama, harus detail. Tidak bisa setengah setengah,” tambahnya.

Plt. Bupati Mimika juga berpesan kepada guru-guru, tenaga pendidik harus betul-betul serius didalam menangani murid

“Sekolah Asrama Sentra Pendidikan ini harus jadi icon Kabupaten Mimika,” tutupnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *