BERITA UTAMAPAPUA

Breaking News: KPK Geledah Kantor Dinas PU Provinsi Papua

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
10
×

Breaking News: KPK Geledah Kantor Dinas PU Provinsi Papua

Share this article
IMG 20230207 WA0059
Nampak personil Brimob Polda Papua dengan senjata lengkap mengawal Tim Penyidik KPK saat menggeledah Kantor Dinas PU Provinsi Papua.Foto: Istimewa

Timika, fajarpapua.com- Tim penyidik KPK yang berjumlah 10 orang pada Selasa (7/2) pagi tadi menggeledah Kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Papua di Jalan Sumatra, Dok IV, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

Tim penyidik KPK tiba, sekitar pukul 10.00 WIT dan langsung memasuki Kantor Dinas PU Provinsi Papua dengan kawalan ketat personil Brimob Polda Papua.

Ads

Penggeledahan berlangsung kurang lebih hampir satu jam, penyidik kabarnya menyisir sejumlah ruangan termasuk Kantor Kadis PU Provinsi Papua.

Dalam penggeledahan tersebut, penyidik KPK kabarnya membawa satu koper untuk tempat dokumen yang disita dari salahsatu ruangan di lantai 3 Kantor Dinas PU Provinsi Papua.

Berdasar informasi, penyidik KPK sehari sebelumnya, Senin (6/2) juga telah melakukan penggeledahan di rumah dinas, mantan Kepala Dinas PU Papua Girius Yoman, yang berada di Angkasa, Distrik Jayapura Utara, Papua.

Selain itu di Angkasa, penyidik KPK juga memeriksa beberapa rumah yang diduga berkaitan dengan kasus yang terjadi di Dinas PU Provinsi Papua.

Seperti diketahui, sebelumnya KPK saat ini tengah mengusut pembelian sejumlah aset oleh tersangka kasus suap dan gratifikasi, Gubernur Papua, Lukas Enembe.

Penyidik KPK kini tengah memeriksa sejumlah pihak yang diduga berada di lingkaran Lukas Enembe.

Salahsatunya seorang pihak swasta bernama Mustakim telah diperiksa penyidik KPK, terkait proyek pengadaan aset di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua.

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, Mustakim berstatus saksi, dimintai keterangan soal aset terkait Lukas Enembe.

Adapun materi yang berbeda, penyidik telah memeriksa 10 saksi lain yang terdiri dari pihak pemerintah provinsi (Pemprov) Papua maupun swasta.

Mereka antara lain pemilik PT Bangun Papua (TBP), sekaligus Direktur Tabi Maju Makmur bernama Bonny Pirono.

Kemudian, Bendahara PT TBP Meike, Pegawai PT TBP Willicius, Kelompok Kerja (Pokja) Proyek Entrop Hamadi bernama Okto Prasetyo, Gangsar Cahyono, Arni Parire, Paskalina, dan Yenni Pigome.

Selain itu adalah Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Entrop Hamadi, Girius One Yoman dan Direktur PT Papua Sinar Anugerah KSO PT Tabi Bangun Papua, Sumantri. (mas/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *