BERITA UTAMAMIMIKA

HUT Baden Powell ke 166, Pramuka Saka Bhayangkara dan Kwarcab Mimika Bersih-bersih Lapangan Eks Pasar Lama

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
6
×

HUT Baden Powell ke 166, Pramuka Saka Bhayangkara dan Kwarcab Mimika Bersih-bersih Lapangan Eks Pasar Lama

Share this article
d762a4ca 1e13 4e13 83be b614a447987d
Kasat Bimas Polres Mimika Iptu Paulus Rande Ratu menyerahkan peralatan kebersihan kepada perwakilan Pramuka dalam rangka Baksos bersih-bersih lapangan eks pasar lama jalan Yos Sudarso Timika, Rabu (22/2).

Timika, fajarpapua.com – Dalam rangka HUT Bapak Pramuka sedunia Robert Baden Powell ke-166, Gerakan Pramuka Satuan Karya (Saka) Bhayangkara Polres Mimika bersama Kwartir Cabang (Kwarcab) 2608 Mimika, menggelar upacara dan Bhakti Sosial (Bhaksos), Rabu (22/2).

Upacara dipimpin Kapolres Mimika diwakili Kasat Bimas Polres Mimika Iptu Paulus Rande Ratu selaku Pimpinan Saka Bhayangkara. Kemudian dilanjutkan dengan Bhaksos bersih-bersih lapangan eks pasar lama jalan Yos Sudarso Timika.

ads

Kapolres Mimika dalam amanat yang dibacakan Kasat Bimas menyampaikan pendidikan kepanduan atau kepramukaan yang digagas Baden Powell itu, pada hakekatnya adalah pendidikan paripurna bagi kaum muda.

Anak-anak bukan hanya dididik segi pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga dari segi pendidikan karakter, sehingga kelak anak-anak dan remaja dapat menjadi manusia berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

“Dengan semangat Baden Powell, sebagai Pramuka untuk bisa meneladani dan diaplikasikan di masa sekarang dan yang akan datang. Baden powell yang menggagas pendidikan kepanduan, mengajarkan untuk terus memperjuangkan akan nilai-nilai luhur, hal ini tentu tidak lepas dari tujuan pendidikan Gerakan Pramuka yakni pembentukan karakter yang tangguh bagi generasi muda,” ungkapnya.

Kata dia, peran orang tua, guru, dan pembina pramuka sedapat mungkin memiliki semangat tinggi memupuk semangat generasi muda agar memiliki kepribadian yang kuat, bersemangat, pantang menyerah, disiplin, inovatif serta mampu bekerja keras.

“Maka kita harus bersama-sama memajukan Pramuka dengan berbagai kegiatan yang bermantaat bagi genersai muda dan masyarakat,” katanya.

Lahirnya Undang-Undang No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka adalah bukti bahwa
gerakan pramuka mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah terkait dengan pembinaan karakter, sebagaimana konsideran menimbang poin C, bahwa gerakan pramuka selaku penyelenggara pendidikan kepramukaan mempunyai peran besar dalam pembentukan
kepribadian generasi muda.

“Sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global,” tuturnya.

Sementara Kasat Bimas saat ditemui usai upacara mengatakan, dalam kegiatan tersebut pihaknya mengundang beberapa sekolah untuk bersama-sama bergotong royong membersihkan sampah dilapangan eks Pasar Lama.

“Selain dari Saka Bhayangkara kami juga mengundang beberapa sekolah dalam kegiatan ini,” tuturnya.

Kasat Bimas mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena atas inisiatif sendiri dan mandiri.

Polres Mimika sangat berapresiasi kegaitan ini karena mereka inisiatif dan percaya diri, bahwa anak muda itu bisa berguna dimanapun mereka berada,” ungkapnya.(ron)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *