BERITA UTAMAMIMIKA

Nelayan Pesisir Mimika dari 8 Kampung Dapat Bantuan Alat Tangkap Ikan, Pemda Mimika Gelontor Dana Rp 3 Miliar

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
9
×

Nelayan Pesisir Mimika dari 8 Kampung Dapat Bantuan Alat Tangkap Ikan, Pemda Mimika Gelontor Dana Rp 3 Miliar

Share this article
IMG 20230227 WA0029
Kapal nelayan yang terparkir di Pelabuhan Perikanan

Timika, fajarpapua.com – Pemda Mimika melalui Dinas Perikanan dan Kelautan pada tahun 2023 menganggarkan dana bantuan alat tangkap ikan bagi nelayan Orang Asli Papua (OAP).

Alat tangkap yang direncanakan akan dibagikan kepada delapan kampung di Pesisir Mimika itu bersumber dari dana Otonomi Khusus dengan nilai Rp 3 miliar.

Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya
Klik Gambar Untuk Informasi Selanjutnya

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Mimika Anton Welerubun mengatakan program tersebut masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya dengan memberikan bantuan bergilir kepada masyarakat pesisir Mimika.

Delapan kampung penerima bantuan berada di Distrik Mimika Barat Tengah, Distrik Amar dan Distrik Mimika Barat Jauh.

“Kita masih sama seperti tahun kemarin program bantuan alat tangkap untuk nelayan kita khusus OAP,” ujar Anton saat ditemui fajarpapua.com, Senin (27/2).

Jenis bantuan yang diberikan yakni perahu fiber, cool box, mesin jhonson 15 PK dan alat tangkap jaring. Khusus alat tangkap jaring berfariasi mulai dari jaring ukuran mata 7 inch, jaring 2 inch hingga ditambah dengan trammel net atau jaring udang.

Tahun lalu, Dinas Perikanan menggelontorkan dana 3,5 miliar untuk program bantuan serupa di Kampung Tipuka Distrik Mimika Timur, Kampung Kapiraya, Kampung Uta dan Mupuruka di Distrik Mimika Barat Tengah serta Kampung Aindua Distrik Mimika Barat Jauh.

“Bantuan alat tangkap ini memang terbatas setiap tahunnya, sehingga penyaluran kami lakukan secara bertahap. Tiap tahun kita pindah kampung mana yang belum, kalau semua sudah terpenuhi tentu kita akan buat program baru lagi,” pungkasnya. (feb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *