BERITA UTAMAPAPUA

Situasi Kembali Pulih, Dua Maskapai Penerbangan Kembali Beroperasi di Yahukimo

cropped 895e2990 d422 4061 9705 e533253f1607.jpg
4
×

Situasi Kembali Pulih, Dua Maskapai Penerbangan Kembali Beroperasi di Yahukimo

Share this article
IMG 20230405 WA0117
Situasi di Bandara Dekai, Yahukimo.

Jayapura, fajarpapua.com – Seiring dengan pulihnya situasi keamanan di Yahukimo pasca sejumlah kejadian yang mengakibatkkan terganggunya aktivitas penerbangan, hari ini Rabu (5/4/2023), dua maskapai penerbangan kembali membuka rutenya ke Kota Dekai Yahukimo.

Hal terlihat dari jadwal penerbangan dari Trigana Air dan Wings Air yang kembali diterbitkan, serta juga suasana di Bandara Nop Goliat Dekai yang tampak kembali dipadati oleh masyarakat yang hendak berangkat ataupun tiba dari Jayapura.

ads

Dari jadwalnya, Trigana Air, hari ini mulai beroperasi, sementara Wings Air akan beroperasi pada hari Senin (10/4).

Untuk diketahui sejumlah kejadian di Yahukimo, salah satunya yang cukup menyita perhatian yakni penembakan terhadap salah satu pesawat milik maskapai Trigana Air, membuat aktivitas penerbangan di Yahukimo sempat terhenti.

Tidak hanya Trigana Air, maskapai Wings Air pun turut menunda rute penerbangan ke Dekai hingga waktu yang tidak ditentukan.

Sebenarnya, aktivitas penerbangan tidak sepenuhnya terganggu, karena pesawat perintis masih tetap melayani, di saat dua maskapai dengan armada pesawat jenis ATR-72, menghentikan rutenya ke Kota Dekai.

Namun dengan memulihnya situasi keamanan, kini kedua maskapai tersebut kembali membuka rute ke Yahukimo.

Saat dikonfirmasi soal keamanan, Kapolres Yahukimo AKBP Arief Kristanto, membenarkan situasi Yahukimo, terutama Kota Dekai sudah kembali pulih.

Lanjut dikatakan, Polres Yahukimo bekerjasama dengan TNI siap menjamin keamanan aktvitas penerbangan. “Kami siagakan personel di Bandara Nop Goliat Dekai untuk memberi keamanan aktivas penerbangan,” ujar Kapolres.

Selain pengamanan di Bandara, pihaknya juga melakukan pengamanan di sejumlah objek vital.“Kegiatan preventif juga kami terus tingkatkan, adalah dengan mengintensifkan Patroli Gabungan TNI-Polri serta pengamanan di objek vital,” pungkas AKBP Arief.(hsb)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *